Gunung Kerinci, Gunung Tertinggi di Sumatera dengan Berbagai Mitosnya

Gunung Kerinci, Gunung Tertinggi di Sumatera dengan Berbagai Mitosnya

Gunung Kerinci -Sumber : Akun Instagram @mt.kerinci-

BENGKULUEKSPRESS.COM,-  Pecinta destinasi wisata gunung mana yang tidak tahu Gunung Kerinci Gunung Kerinci adalah gunung tertinggi di pulau Sumatera dan gunung tertinggi kedua di Indonesia. Gunung dengan ketinggian 3.805 mdpl ini menjadi habitat bagi harimau dan badak sumatera.

Gunung Kerinci merupakan salah satu pilihan destinasi wisata yang paling diminati oleh para pendaki. Karena Gunung kerinci memiliki pesona alam yang sangat memukau, bagi kamu yang ingin berkunjung ke destinasi wisata ini kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang mempesona serta flora dan fauna langka yang ada di dalamnya.


Jalur pendakian yang terjal dan menantang di Gunung Kerinci.-Sumber : Akun Instagram @pendaki.24jam-

BACA JUGA:Kawah Ijen, Destinasi Wisata Gunung Api Aktif Terindah di Jawa Timur

Gunung kerinci juga merupakan salah satu gunung tertinggi kedua di Indonesia. Dilansir dari laman wikipedia.org Danau kerinci juga memiliki keindahan alam yang tersembunyi, yaitu danau.  Gunung kerinci  memiliki setidaknya terdapat 15 danau, luar biasa bukan? 

Pada kawasan Gunung Kerinci terdapat kawah seluas 400 x 120 meter dengan air berwarna hijau.

Dikutip dari laman Universitas Sains dan Teknologi Komputer (STEKOM), Gunung Kerinci adalah gunung berapi bertipe stratovolkano yang hingga saat ini masih aktif.

BACA JUGA:Pantai Pasir Jambak, Destinasi Wisata Bahari Terdekat di Kota Padang

Dari puncak Gunung Kerinci terlihat jelas pemandangan Kota Jambi, Kota Padang, dan Kota Bengkulu, juga Samudra Hindia. Di sisi timur Gunung Kerinci terdapat sebuah rawa berair jernih tertinggi di Sumatra yaitu Rawa Bento.

Dilansir dari laman Dinas Pariwisata Kabupaten Jambi, Gunung Kerinci terletak di perbatasan Kerinci, Provinsi Jambi, dengan Provinsi Sumatera Barat di Kabupaten Solok Selatan, di Pegunungan Bukit Barisan.

Gunung ini adalah pembatas antara wilayah Suku Kerinci dengan Etnis Minangkabau, yang dikelilingi hutan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Wilayah TNKS adalah areal konservasi yang memiliki luas 1.484.650 hektare.

Kawasan terletak di empat provinsi, namun sebagian besar berada di wilayah Jambi. TNKS ditetapkan sebagai situs Warisan Dunia The Tropical Rainforest Heritage of Sumatra pada tahun 2006.

BACA JUGA: 7 Keunikan Destinasi Wisata Budaya Bersejarah Istana Pagaruyung

Gunung Kerinci menyajikan pemandangan yang indah yang mengarah ke Kota Jambi, Kota Padang, dan Kota Bengkulu. Puncak Gunung Kerinci menjadi favorit banyak pendaki dan menjadi salah satu gunung yang wajib dikunjungi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: