Gunung Semeru Jawa Timur, Indahnya 'Puncak Abadi Para Dewa'

Gunung Semeru Jawa Timur, Indahnya 'Puncak Abadi Para Dewa'

-Sumber : Akun Instagram @canro.simarmata-

BENGKULUEKSPRESS.COM - "Mahameru berikan damainya, di dalam beku arcapada, mahameru sebuah legenda tersisa puncak abadi para dewa,". Itu sepenggal lagu dari Band Dewa 19 tentang bagaimana keistimewaan Gunung Semeru. Salah satu gunung gunung berapi yang masih dikenal aktif di Jawa Timur.

Puncaknya berada pada ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut, sehingga menjadikannya sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa. 

Gunung Semeru termasuk dalam kawasan wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. yang berada di wilayah dua kabupaten, yakni Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang. Tepatnya terletak di Kec. Pasrujambe, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. 

BACA JUGA:Gunung Kerinci, Gunung Tertinggi di Sumatera dengan Berbagai Mitosnya

Pemandangan yang disuguhkan Gunung Semeru sungguh mempesona, terlebih keindahan dari Ranu Kumbolo yang berada di tengah-tengah jalur pendakian. Meski butuh perjuangan yang tak main-main, Gunung Semeru selalu jadi tujuan favorit para pendaki.


Semburan awan panas dari kawah Gunung Semeru-Sumber : Akun Instagram @canro.simarmata-

Area jalur pendakian Gunung Semeru menjadi kenangan tersendiri bagi para pecinta alam. Selama perjalanan kamu bisa melihat pesona nan eksotis yang dimiliki Gunung Semeru. Gunung semeru memiliki keistimewaan dengan memiliki beberapa tempat indah yang tak terlupakan. Yuk, intip keistimewaan apa saja yang ditawarkan Gunung Semeru.

BACA JUGA:Pesona Pulau Bair, Raja Ampat Mini di Kepulauan Kei yang Jarang Terekspos

1. Pemandangan Desa Ranu Pani

Ranu Pani adalah salah satu pos pendakian di Gunung Semeru. Ranu Pani sebenarnya ada di sebuah desa yang ketinggiannya mencapai 2.100 meter diatas permukaan laut. Bisa dibilang Desa Ranu Pani adalah desa terakhir sebelum mencapai puncak Gunung Semeru. Pemandangan alam seperti apa yang bisa dinikmati oleh pendaki di Ranu Pani? 

Nah, kalau ngomongin soal keindahan alam, di sini kamu bisa menjumpai danau Ranu Pani. Danau ini sangat populer karena keindahannya lho. Banyak pendaki yang memilih bermalam di sekitar danau sebelum melanjutkan pendakian sebelum ke puncak Mahameru. 

BACA JUGA:Di Balik Keindahan Alamnya, Ini Dia Cerita Mistis di Gunung Ciremai

2. Keindahan Danau Ranu Kumbolo

Kalau keindahan danau yang satu ini nampaknya udah nggak asing lagi ya. Ranu Kumbolo jadi salah satu icon keindahan alam yang identik dengan Gunung Semeru. Saking indahnya, banyak pendaki yang tujuan utama pendakiannya hanya untuk melihat Ranu Kumbolo.  Memangnya sekeren apa sih Ranu Kumbolo?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: