Gunung Kerinci, Gunung Tertinggi di Sumatera dengan Berbagai Mitosnya

Gunung Kerinci, Gunung Tertinggi di Sumatera dengan Berbagai Mitosnya

Gunung Kerinci -Sumber : Akun Instagram @mt.kerinci-

Tidak hanya menawarkan keindahan alamnya Gunung kerinci juga memiliki suasana wisata yang berbeda yaitu suasana  mistis. Jika kamu mendaki Gunung kerinci Penduduk sekitar Gunung Kerinci mempercayai beberapa mitos horor yang cukup populer.

Berikut beberapa mitos horor populer terkait Gunung Kerinci.

1. Manusia Harimau

Mitos akan adanya manusia harimau atau Cindaku pada Gunung Kerinci sangatlah populer. Dipercayai bahwa terdapat manusia yang berwujud setengah manusia dan setengah harimau mendiami Gunung Kerinci. Mitos populer ini tak hanya terkenal di Jambi, melainkan juga sampai Malaysia.

Masyarakat sekitar percaya jika Cindaku memiliki kekuatan magis dan dapat berubah wujud menjadi Harimau saat sedang marah atau merasa terancam. Kekuatan ini hanya berlaku jika Cindaku berada di sekitar Gunung Kerinci saja.

2. Larangan 12 Jam

Terdapat sebuah mitos tentang Pintu Rimba yaitu perbatasan antara ladang penduduk dan hutan yang berada pada ketinggian 1.800 mdpl. Sering terlihat sosok perempuan berpakaian putih menampakkan diri namun tidak memperlihatkan wajahnya.

3. Uhang Pandak

Mitos Uhang Pandak adalah mitos Gunung Kerinci yang wajib dibahas karena cerita ini sudah terkenal hingga ke luar negeri. Uhang Pandak berarti orang pendek dan legenda orang pendek pertama kali ditemukan dalam catatan perjalanan Marco Polo tahun 1292.

Dalam catatan petualangan ke Asia, Uhang Pandak dikatakan memiliki perawakan seperti anak berusia 3-4 tahun. Namun memiliki wajah tua dengan rambut hitam sebahu dengan tubuh dipenuhi bulu.

4. Pohon Bolong

Mitos pohon bolong adalah pohon dengan lubang besar yang berada di jalur pendakian, antara jalur pos II menuju shelter I. Biasanya para pendaki akan dipesankan untuk tidak berhenti makan, buang air, ataupun berfoto. Larangan ini dibuat karena ada penunggu di pohon tersebut, yaitu sosok nenek tua dan genderuwo.

Itu tadi beberapa penjelasan mengenai Gunung Kerinci yang perlu diketahui sebelum mengunjungi Gunung Kerinci. Untuk pecinta wisata alam, Gunung Kerinci menjadi salah satu objek wisata alam yang wajib dikunjungi.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: