Niat Puasa Ramadan dan Waktunya yang Tepat

Niat Puasa Ramadan dan Waktunya yang Tepat

ilustrasi ramadan--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Bulan penuh ampunan dan keberkahan yang disebut bulan Ramadan, salah satu ibadah terpenting yang harus dilakukan adalah berpuasa. 

Berpuasa pada bulan Ramadan dalam budaya Islam memiliki arti yang sangat penting, yaitu menjaga tubuh dan jiwa dari segala jenis makanan, dosa, dan perilaku buruk untuk mencapai kebaikan baik secara materi maupun spiritual demi mendapat ridha Allah.

Sebelum menjalankan ibadah puasa selama 29-30 hari, kita diwajibkan untuk membaca niat puasa Ramadan terlebih dahulu. 

Niat merupakan syarat sahnya puasa dan termasuk dalam rukun puasa. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW berikut ini, “Sesungguhnya semua perbuatan ibadah harus dengan niat, dan setiap orang tergantung kepada niatnya,” (HR. Al-Bukhari).

BACA JUGA:Selama Ramadan 2023, Ini Aturan Jam Kerja dan Busana ASN Pemkot Bengkulu

BACA JUGA:Ini Daftar Tanggal Merah dan Cuti Bersama Jelang Ramadan 2023

Berikut adalah niat puasa Ramadan:

Nawaitu shauma ghodin an adaai fardhi syahri romadhoona hadzihis-sanati lillahitaala.

Artinya: Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di Bulan Ramadan tahun ini, karena Allah Taala.

Niat puasa Ramadan dianjurkan untuk dibaca setiap malam hari atau ketika melaksanakan sahur sebelum memasuki waktu subuh. 

Dilansir dari NU Online, jika niat puasa Ramadan dilafalkan di luar waktu tersebut, maka puasa dapat dianggap tidak sah.  

Sesuai dengan sabda Rasulullah SAW berikut ini, “Barangsiapa yang tidak berniat puasa pada malam hari sebelum fajar, maka tidak ada puasa baginya," (HR. Ahmad, Abu Dawud dan Ibnu Majjah).

Dari hadist di atas dapat disimpulkan bahwa jika seseorang tidak membaca niat puasa Ramadan di malam hari hingga memasuki subuh, maka ia harus mengganti puasanya selain di bulan Ramadan karena puasanya tidak sah. 

Terkecuali bagi orang-orang yang tidak membaca niat puasa Ramadan karena utzur, seperti lupa atau tertidur sampai memasuki waktu subuh, maka ia tetap dapat menjalankan puasanya meskipun tidak membaca niat puasa Ramadhan sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: