Gunung Kerinci, Gunung Tertinggi di Sumatera dengan Berbagai Mitosnya

Gunung Kerinci, Gunung Tertinggi di Sumatera dengan Berbagai Mitosnya

Gunung Kerinci -Sumber : Akun Instagram @mt.kerinci-

Sebagai gunung tertinggi kedua di dunia, aktivitas pendakian Gunung Kerinci memiliki banyak sekali peminat. Banyak pendaki yang ingin melepaskan penat dan menyegarkan pikiran dengan menikmati pemandangan indah yang ditawarkan puncak Gunung Kerinci.

Sebelum mendaki ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu:

1. Siapkan Kesehatan Fisik

Sebelum mendaki gunung dibutuhkan kesiapan fisik yang prima dan kuat. Lebih baik melakukan persiapan seperti berolahraga, melatih pernapasan, dan tidur yang cukup sebelum mendaki gunung. Tubuh nantinya harus berjalan menanjak dan membawa beban berat maka pastikan tubuh sudah siap untuk menghindari cedera saat mendaki.

BACA JUGA:Daya Tarik Jam Gadang Bukittinggi, Destinasi Wisata Sejarah Hinda-Belanda

2. Pahami Jalur Pendakian

Penting bagi pendaki untuk memahami jalur pendakian yang aman dan nyaman. Pendaki harus mengetahui lokasi yang landai, curam, atau licin agar lebih berhati-hati saat proses mendaki. Pastikan memahami rute dan memiliki peta agar terhindar dari kemungkinan tersesat.

3. Mengenakan Pakaian yang Nyaman

Saat hendak mendaki gunakan pakaian khusus untuk mendaki agar tidak terganggu. Pakaian harus cepat kering dan menyerap keringat sehingga nyaman digunakan selama mendaki.

Selain itu pastikan memilih pakaian yang nyaman dan hangat agar terhindar dari hipotermia. Salah satu pakaian yang dapat digunakan adalah pakaian berbahan poliester, tak lupa juga menggunakan sepatu gunung agar kaki tidak lecet.

4. Membawa Barang Sesuai Kebutuhan

Barang yang bisa dibawa saat mendaki sangat terbatas. Pastikan hanya membawa barang-barang yang bermanfaat dan dibutuhkan, hal ini dimaksudkan agar tidak memberatkan tas yang akan dibawa.

Barang-barang yang umumnya dibawa adalah pakaian, makan dan minum, tenda, matras, sepatu, sandal, sleeping bag, alat navigasi, perkakas, dan obat-obatan.

5. Patuhi Intruksi dan Larangan Petugas Gunung

Sebelum mendaki gunung pastinya harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Setelah mendaftar, petugas gunung setempat akan memberikan intruksi dan larangan ketika kita dalam perjalan mendaki gunung. Dengan mengikuti instruksi, keamanan selama mendaki akan lebih terjaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: