Jangan Disepelekan, Ini Manfaat Buka Kaca Sedikit Waktu Parkir Mobil

Jangan Disepelekan, Ini Manfaat Buka Kaca Sedikit Waktu Parkir Mobil

Ilustrasi buka kaca mobil -(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BACA JUGA:Mengenal Macam dan Fungsi Sabuk Pengaman Mobil

Jika kaca tertutup rapat pada saat kita parkir mobil di tempat panas, seperti dibawah matahari langsung atau parkir basement, maka tekanan suhu di dalam akan cepat naik. Kondisi ini bisa menyebabkan kaca memuai, kemudian pecah. 

Itulah mengapa sangat dianjurkan untuk membuka sedikit kaca mobil agar bisa mengurangi tekanan suhu yang ada di dalam mobil kita. Jadi jika terpaksa parkir di tempat panas, buka kacanya sebaiknya sedikit saja, dan jangan sampai melebihi talang air.

Jadi, jangan lupa untuk memasang talang air supaya menahan air hujan masuk ke dalam kabin. Talang air juga berfungsi melindungi interior saat jendela mobil dibuka sedikit waktu hujan, untuk keperluan sirkulasi udara agar kaca mobil tidak berembun.

BACA JUGA:Beli Mobil Baru atau Bekas? Ini Pertimbangannya

Kelemahan Membuka Sedikit Kaca Waktu Parkir Mobil

Ketika parkir dalam waktu yang lama, sebaiknya kaca mobil diturunkan sedikit. Tujuannya agar ada sirkulasi udara dari luar sehingga mobil tidak apek meski jarang dipakai.

Namun demikian, menurunkan kaca di beberapa mobil justru bisa jadi kontra produktif, sebab bisa jadi ada potensi masuknya benda asing. Ini karena saat parkir lama pun, di dalam mobil sudah ada sirkulasi udara. 

Kabin mobil juga bisa terkena air apabila hujan turun. Ini terjadi bila di mobil kita nggak pakai door visor alias talang air, sehingga bakalan basah. 

Oleh karena itu, alternatif lain yang bisa dilakukan adalah membuka kaca mobil saat pengemudi baru masuk ke dalam mobil dan memulai perjalanan. 

BACA JUGA:Inilah Fitur Keselamatan Mobil Wajib Diketahui, Ada Fitur Aktif dan Pasif

Angin sejuk akan mengalir melalui mobil menggantikan udara panas dan membantu menurunkan suhu di dalam kabin. Pengemudi juga bisa membuka kaca separuh, sambil menyalakan AC untuk mengeluarkan udara panas dari dalam mobil.

Kesimpulannya, tetap lakukan sesuai kebutuhan dan kondisi lingkungan, bila memang kondisi mobil kalian telah terpasang door visor maka boleh-boleh saja membuka sedikit kaca untuk mendapat sirkulasi udara. Namun bila tidak ada sebaiknya tidak perlu membukanya bila parkir di outdoor yang situasinya berdebu. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: