Jangan Salah Langkah, Begini Tips dan Cara Memanaskan Mesin Mobil yang Tepat

Jangan Salah Langkah, Begini Tips dan Cara Memanaskan Mesin Mobil yang Tepat

Sebelum berkendara, memanaskan mesin mobil sudah menjadi kebiasaan pemilik mobil -Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM -  Memanaskan mobil secara rutin memiliki dampak yang besar terhadap keawetan mesin dan sejumlah komponen yang ada didalamnya. Oleh karena itu, memanaskan mesin mobil sudah menjadi kebiasaan pemilik mobil sebelum berkendara. 

Beberapa orang seringkali memanaskan mobil di dalam garasi dengan keadaan pintu tertutup. Tindakan tersebut tentunyta cukup berbahaya.

Memanaskan mesin saat kendaraan berada di dalam garasi memiliki efek yang buruk karena knalpot mobil mengeluarkan gas buang berupa karbon monoksida (CO) yang berbahaya bagi kesehatan. 

Gas sisa pembuangan ini akan terhirup oleh tubuh dan dapat menimbulkan gejala yang tidak nyaman.Beberapa gejala yang muncul saat menghirup gas karbon monoksida antara lain sakit kepala, lemas, pusing, mual, dan pandangan kabur. 

BACA JUGA:Perlu Diperhatikan, Simak Penyebab Lampu Indikator Mobil Menyala Terus

Apabila tubuh terus menghirup gas karbon monoksida, maka akan muncul gejala yang lebih parah seperti sesak napas, denyut nadi semakin cepat, nyeri dada, hingga pingsan.

Agar terhindar dari efek buruk, pemilik mobil harus memperhatikan tempat dan cara memanaskan mesin mobil dengan benar. Berikut tips yang bisa diikuti.

1. Membuka Pintu Garasi Ketika Memanaskan Mesin

Tips pertama yang harus kamu terapkan dan dijadikan kebiasaan yang baik adalah ketika hendak memanaskan mesin mobil, disarankan untuk membuka pintu garasi atau memanaskan mobil di luar garasi. Pastikan posisi knalpot mobil mengarah ke udara bebas, sehingga gas buangan tidak tercampu dengan udara di dalam rumah.

BACA JUGA:Cek Fitur-Fitur Otomatis Mitsubishi XForce: Dirancang Memanjakan Pengendara

2. Memanaskan Mesin Tanpa Menginjak Pedal Gas

Saat memanaskan mobil para pemilik biasanya sering sekali dengan sengaja menginjak pedal gas. Padahal jika ingin memanaskan mesin Anda cukup dengan dinyalakan saja. Hindari memanaskan mesin mobil sambil menginjak pedal gas karena berpotensi membuat residu bahan bakar keluar lebih banyak dari knalpot kendaraan.

3. Panaskan Mobil Selama Beberapa Menit

Memanaskan mesin mobil tidak membutuhkan waktu yang lama. Cukup panaskan mesin mobil selama 10-15 menit. Hal ini dilakukan agar oli cukup melumasi komponen mesin supaya tidak mengering.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: