5 Cara Mengatasi Kipas Radiator Mobil yang Tidak Berputar

5 Cara Mengatasi Kipas Radiator Mobil yang Tidak Berputar

Cara mengatasi kipas radiator yang tidak berputar-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Penggunaan kipas radiator pada mobil sangat mempengaruhi mobil memiliki berfungsi menjaga cairan pendingin agar berada di suhunya sesuai kebutuhan mesin mobil. Jika kipas radiator mobil tidak berputar, bisa mengganggu kerja sistem radiator.

Kipas radiator akan berputar ketika cairan yang ada di dalamnya bersuhu tinggi. Dengan begitu komponen mobil yang satu ini akan secara otomatis berhenti berputar apabila cairan dalam suhu optimal. 

Tak hanya menjaga cairan pendingin pada mesin mobil, kipas radiator turut berperan dalam menjaga suhu kondensor pendingin udara (Air Conditioner/AC) agar tetap stabil. Dengan begitu, suhu AC tidak akan naik berlebihan.

Lalu, apa penyebab kipas radiator mobil tidak dapat berputas dan  bagaimana cara mengatasinya? Yuk simak ulasan di bawah ini. 

Ada beberapa penyebab yang dapat membuat kipas radiator tiba-tiba mati seperti kipas radiatornya telah rusak, sensor suhu mengalami kendala, kerusakan pada kondensor AC, sensor tekanan refrigeran mendapatkan kerusakan, kerusakan pada relay kipas pendingin radiator, gangguan di unit pengendali kipas, dan ada masalah pada kelistrikan

BACA JUGA:Pengendara Wajib Tahu! 10 Denda Pelanggaran Lalu Lintas

Cara Mengatasi Kipas Radiator Mobil Tidak Berputar

Penyebab kipas radiator mobil tidak berputar tidaklah tunggal. Ada berbagai faktor pemicunya. Berikut cara mengatasi kipas radiator yang tidak berputar.  

1. Perbaiki atau ganti kipas radiator

Kipas radiator memiliki umur pemakaian tertentu. Ada waktunya kipas perlu diganti jika sudah menunjukkan kinerja yang tidak optimal lagi seperti muncul bunyi aneh atau putarannya melambat. Ganti dengan suku cadang orisinal untuk mendapatkan performa kipas terbaik.

2. Cek arus listrik dari aki

Penyebab kipas radiator mobil tidak berputar bisa jadi akibat kelistrikan dari aki. Cara mengeceknya dengan menyambungkan kabel aki ke motor kipas, atau sambung jumper soket kipas pada fuse box. Jika kipas tetap mati, berarti ada masalah pada rangkaian listriknya.

BACA JUGA:Simak 6 Cara Membersihkan Karat Pada Knalpot yang Murah, Bisa Pakai Soda Kue

3. Ganti sensor suhu air pendingin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: