Kaca Lebih Kinclong dan Bersih, Simak Tips Memilih Cairan Wiper Mobil yang Tepat

Kaca Lebih Kinclong dan Bersih, Simak Tips Memilih Cairan Wiper Mobil yang Tepat

Air wiper berfungsi untuk membersihkan kaca depan dan kaca belakang-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tak hanya memperhatikan kinerja pada wiper, agar kondisi kaca mobil tetap kinclong dan bersih, pemilik mobil wajib mengggunakan cairan wiper agar dapat membersihkan kaca pada mobil secara optimal. 

Air wiper berfungsi untuk membersihkan kaca depan dan kaca belakang. Cairan ini nantinya akan disemprot pada bagian kaca mobil sebelum disapu oleh wiper.

Selain itu, cairan wiper juga berfungsi untuk membuat kaca depan menjadi licin sehingga mudah dibersihkan. Selain itu, air wiper mampu mencegah timbulnya goresan pada permukaan kaca mobil. Ada tiga pilihan cairan yang bisa digunakan sebagai air wiper. 

Tiga jenis cairan ini mudah dicari di pasaran dan memiliki karakteristik yang berbeda. Ada beberapa jenis cairan wiper yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan kaca mobil seperti wiper fluid, air campuran pembersih, dan air suling. 

Ketiga cairan tersebut telah dirancang khusus sebagai pembersih kotoran pada kaca depan ataupun belakang pada mobil. 

BACA JUGA:Sering Terabaikan, Begini Cara Merawat Kap Mobil agar Mesin Tetap Terlindungi

Nah, Meskipun berfungsi sebagai pembersih kaca mobil, pemilik mobil perlu memilih cairan wiper yang tepat. Berikut ini tips yang bisa dilakukan ketika memilih air wiper.

1. Perhatikan Jenis Cairan Wiper

Sebelum memilih cairan wiper yang tepat, pemilik mobil harus mengetahui terlebih dahulu jenis cairan wiper. Air wiper dibagi menjadi dua jenis, yakni cairan yang siap tuang ke dalam tangki reservoir dan cairan konsentrat.

Jika memilih cairan wiper konsentrat, pemilik mobil harus memperhatikan perbandingan cairan dan air. Pastikan perbandingan cairan harus sesuai dengan takaran pada kemasan. 

Misalnya, perbandingan cairan yang terlihat pada kemasan 1:100, maka 1 ml cairan wiper untuk 100 ml air. Kelebihan takaran dapat membuat busa yang dihasilkan terlalu banyak, sehingga mampu menghambat saluran wiper.

BACA JUGA:Mengapa Radiator Mobil Harus Dikuras? Begini Alasan dan Cara Menguras Radiator Mobil dengan Benar

2. Hindari Penggunaan Cairan yang Mengandung Detergen

Saat mengisi tabung reservoir untuk cairan wiper, hindari penggunaan sabun yang mengandung detergen. Kandungan tersebut berpotensi memberikan efek pelangi dan mengganggu visibilitas pengemudi. Detergen juga dapat merusak karet wiper dan berpotensi meninggalkan bercak jamur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: