Begini Cara Memperbaiki Wiper Mobil yang Mati

Begini Cara Memperbaiki Wiper Mobil yang Mati

Biasanya penyebab wiper mobil yang sudah nggak bisa bergerak lagi adalah karena motornya yang rusak.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Fungsi wiper di mobil penting banget untuk membersihkan kotoran dan air hujan di kaca depan, sehingga pengemudi bisa mengemudikan mobil dengan lebih aman. Kalau wiper rusak, bisa berbahaya banget bagi keselamatan pengemudi dan penumpang. Lalu bagaimana cara memperbaiki wiper mobil yang mati?

Pertama-tama, kita harus tahu dulu apa sih penyebab wiper mobil mati, baik yang kerjanya melambat maupun yang benar-benar nggak bisa bergerak sama sekali. Kalau sudah tahu penyebabnya, baru bisa diperbaiki sumber masalahnya. Di bawah ini kita bakal membahas masalah yang mungkin dihadapi wiper mobil dan bagaimana cara memperbaikinya.

BACA JUGA:Ini Dia Rekomendasi Oli yang Bagus untuk Motor Vario 125

1. Cara Memperbaiki Wiper Mobil yang Aus Karetnya
Penyebab wiper mobil yang nggak bisa bergerak itu belum tentu berat, belum tentu ada di mesinnya, tapi mungkin karena karetnya saja yang aus. Setelah dipakai cukup lama, wajar kalau karetnya aus dan mengerat, jadi nggak bisa bergerak lancar maupun menyeka air dengan baik. Bahkan saking kerasnya ada yang bisa meninggalkan goresan di kaca.

Karet wiper yang keras bisa dibersihkan dengan cara yang simpel. Ikuti beberapa langkah di bawah ini untuk membersihkannya:
- Siapkan kain bersih dan basahi dengan air sabun yang kandungannya ringan.
- Gosokkan kain basah pada karet wiper dengan lembut.
- Setelah itu, bersihkan sisa air sabun dengan lap kering yang bersih.
- Setelah ini, seharusnya wiper sudah berfungsi normal kembali.

2. Cara Memperbaiki Wiper Mobil yang Lambat
Sering juga terjadi wiper mobil belum mati sama sekali, masih bisa bekerja tapi lambat banget. Saking lambatnya, jadi nggak berfungsi dengan baik juga dan tetap berbahaya bagi keselamatan. Biasanya ini terjadi karena sistem penggerak wiper sudah kotor. Kalau nggak pernah dibersihkan, maka langsung berdampak ke arus listrik dan akhirnya menghambat kerja engkol wiper.

BACA JUGA:Tes Drive Honda Stylo 160, Astra Motor Bengkulu Ajak Wartawan Keliling Kota Bengkulu

Untuk mengatasi masalah ini, bersihkan dulu semua bagian wiper, terutama di bagian engkol. Biasanya penyebab wiper melambat karena ada bagian yang sudah karatan. Gunakan cairan anti karat dan semprotkan ke area yang berkarat. Coba nyalakan wiper, kalau belum bisa bekerja juga maka kondisi karatnya sudah parah. Untuk mengatasinya maka harus dilas atau diganti dengan engkol baru.

3. Cara Memperbaiki Motor Listrik Wiper Rusak
Penyebab wiper mobil yang sudah nggak bisa bergerak lagi adalah karena motornya yang rusak. Motor listrik berguna untuk menggerakkan wiper. Wiper bisa bergerak ke atas dan ke bawah karena kondisi motor listriknya masih baik. Kalau motornya rusak, jelas saja wiper sulit bergerak. Karena itu, cek kondisinya dengan cara di bawah ini:

Pastikan kondisi mobil kamu dalam keadaan mati dan cabut kuncinya.
Buka kap mesin mobil dan temukan motor listrik wiper yang biasanya posisinya ada di bawah cowl panel, tepatnya ada di bawah kaca depan.

BACA JUGA:Kurang 8 Orang, Bawaslu Kota Bengkulu Buka Kembali Rekrutmen Panwascam Pilkada 2024

Cek apakah kondisi kabel masih baik, atau ternyata ada yang kendur, atau justru ada kabel yang sudah putus.
Kalau ada yang kendur, maka kencangkan komponen tersebut dengan cara memasangnya kembali.
Coba nyalakan wiper, kalau sudah bisa menyala maka masalah selesai.

Lalu bagaimana kalau wiper masih nggak bisa bergerak meskipun sudah dikencangkan komponen di motor listriknya? Kemungkinan besar, masalahnya adalah gigi yang menghubungkan motor dengan lengan wiper sudah rusak. Kalau ini masalahnya, maka sebaiknya segera dibawa ke bengkel untuk mengganti gigi wiper dengan yang baru.

4. Cara Memperbaiki Wiper Mobil yang Sekringnya Rusak
Masalah berikutnya yang mungkin menyebabkan wiper mobil rusak adalah karena sekringnya yang rusak. Sekring penting banget fungsinya karena tugasnya mengatur aliran listrik ke motor wiper. Jadi, cek dulu kondisi sekring wiper mobil. Caranya bagaimana sih? Yuk, ikuti beberapa langkah di bawah ini:

BACA JUGA:Delvintor, Crosser Astra Honda Beraksi Bersama CRF250R di MXGP Portugal

- Matikan dulu mesin mobil lalu cabut kuncinya, karena sekring berhubungan dengan arus listrik jadi semua harus mati terlebih dulu.
- Kotak sekring adanya di dekat panel instrumen yang biasanya ada di dalam kap mesin. Jadi buka kap mesin mobil dulu.
- Buka kotak sekring dan carilah mana sekring yang mengatur wiper mobil. Pada umumnya, ada label Windshield Wiper atau Wiper saja.
- Cek apakah kondisi sekring masih baik atau sudah rusak, misalnya ada bagian yang terbakar atau bahkan sudah putus. Proses pengecekan selesai.

Kalau ternyata benar sekring wiper sudah rusak, artinya harus mengganti sekring dengan yang baru. Nah, pilih sekring juga nggak bisa sembarangan. Perhatikan sekring wiper mobilmu dan pastikan beli dengan jenis dan rating yang sama. Kalau sekring sudah diganti, seharusnya wiper sudah bisa menyala dan berfungsi normal kembali.

BACA JUGA:Pelupa? Ternyata Ini 10 Alasan Jika Kamu Sering Lupa

5. Cara Memperbaiki Wiper Mobil yang Dinamonya Rusak
Terakhir, wiper mobil yang rusak juga bisa diakibatkan dinamo wiper yang sudah rusak. Kalau sudah cek motor dan sekring wiper ternyata nggak bermasalah, maka mungkin penyebabnya adalah pada dinamo wiper. Fungsi dinamo adalah menggerakkan wiper hingga berulang kali. kalau dinamo rusak, maka gerakannya akan melambat dan akhirnya mati sama sekali.

Untuk mengecek kondisi dinamo wiper, ini dia langkah yang harus digunakan:
- Pastikan mesin mobil dalam keadaan mati dan cabut kuncinya.
- Cek dinamo wiper yang lokasinya ada di dekat motor listrik wiper.
- Kalau sudah ketemu, lepaskan dulu semua kabel yang terhubung ke dinamo wiper.
- Setelah itu, lepaskan dinamo dari tempatnya.
- Lanjutkan dengan memasang dinamo wiper baru, pastikan mengikuti langkah-langkah yang sudah disediakan produsen dinamo wiper tersebut.
- Setelah terpasang, kembali sambungkan semua kabel pada tempatnya.
- Coba lagi nyalakan wiper, kalau sudah bisa berfungsi dengan baik maka masalah selesai.

BACA JUGA:Tips Beternak Ayam di Kawasan Perkotaan

Kalau kesulitan mengganti dinamo wiper sendiri, maka kamu bisa panggil teknisi ke rumah atau kalau kondisinya memungkinkan, bawa mobil ke bengkel langganan. Bawa mobil ke bengkel waktu hari lagi cerah, jadi nggak masalah keluar rumah karena nggak perlu menggunakan wiper. Ternyata penyebab wiper mobil rusak itu beragam. Kita perlu tahu dulu apa sih masalahnya sampai wiper mati? Kalau sudah tahu, kita bisa mengatasinya dengan cara memperbaiki wiper mobil yang mati yang tepat.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: