Mengapa Radiator Mobil Harus Dikuras? Begini Alasan dan Cara Menguras Radiator Mobil dengan Benar

Mengapa Radiator Mobil Harus Dikuras? Begini Alasan dan Cara Menguras Radiator Mobil dengan Benar

Radiator mobil merupakan komponen mobil yang fungsinya krusial untuk mengoptimalkan performa mobil-Pinterest -

BENGKULUEKPSRESS.COM - Salah satu komponen mobil yang tidak boleh terlewatkan dalam perawatan adalah radiator. Langkah perawatan radiator mobil adalah dengan menguras radiator mobil dengan benar. Lantas, bagaimana caranya? Yuk, simak ulasan berikut ini. 

Radiator mobil merupakan komponen mobil yang fungsinya krusial untuk mengoptimalkan performa mobil. Sebab, alat ini berada dalam sistem pendingin mobil yang akan menjaga suhu tetap stabil. 

Apabila radiator tidak berfungsi dengan baik, maka risiko overheat pun rentan terjadi. Overheat merupakan kondisi ketika terdapat kenaikan suhu mesin mobil yang tidak normal dan berlebihan. 

Bila hal tersebut terjadi, maka performa mobil pun kemungkinan besar akan turun. Maka dari itu, ketahui bagaimana cara menguras radiator yang benar melalui uraian berikut ini!

BACA JUGA:Sandang Gelar Motor Terkencang di Dunia, Begini Spesifikasi Kawasaki H2R

Alasan Radiator Harus Dikuras 

Salah satu alasan kenapa radiator harus dikuras adalah agar radiator berfungsi sebagai sistem pendingin mesin mobil agar suhunya tidak melebihi batas normal. Performa mobil pun lebih optimal saat kondisi mesin prima dan suhunya stabil. 

Bila suhu mesin mobil terlalu tinggi dan panas, atau overheat, maka artinya ada yang salah pada komponen radiator. Hal tersebut umumnya disebabkan oleh penurunan kualitas cairan pendingin (coolant) karena usia pakai yang terlalu lama.

Kemudian, cairan pendingin tersebut juga akan menghasilkan residu selama bekerja mendinginkan suhu mesin mobil. Apabila tidak menguras radiator, maka residu tersebut akan menumpuk. Proses pendinginan mesin pun jadi tidak maksimal.

BACA JUGA:Tampilan Memukau Bagai Bintang, Cek Spesifikasi dan Harga Terbaru Mobil Hyundai Stargazer 2024:

Oleh sebab itu, pengurasan radiator penting dilakukan secara berkala. Risiko penumpukan residu coolant pun bisa dicegah, sehingga proses pendinginan selalu berjalan lancar. Kemungkinan overheat pada mesin mobil juga lebih kecil terjadi.

Cara Pengurasan Radiator Mobil

Setelah memahami pentingnya pengurasan radiator pada mobil, berikut cara yang bisa Anda ikuti ketika ingin menguras radiator:

  • Merawat Radiator dengan Rutin

Selain mengetahui cara pengurasan radiator mobil, Anda juga perlu merawat radiator secara rutin. Ini mengingat cairan pendingin (coolant) pada radiator sedikit demi sedikit akan mengalami penguapan. Sebab, radiator menerima panas dari mesin yang aktif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: