Jangan Disepelekan, Ini Manfaat Buka Kaca Sedikit Waktu Parkir Mobil

Jangan Disepelekan, Ini Manfaat Buka Kaca Sedikit Waktu Parkir Mobil

Ilustrasi buka kaca mobil -(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Saat kita parkir mobil terutama di luar ruangan, ada anggapan bahwa membuka sedikit kaca dapat membantu melancarkan sirkulasi udara dalam kabin. 

Bahkan cara ini juga bermanfaat dari faktor keamanan, karena menyulitkan maling dengan modus pecah kaca mobil. Benarkah?

Kedua hal di atas rupanya saling berkaitan, karena pengaruh tekanan udara dalam kabin mobil. Udara dalam kabin akan semakin panas ketika atap mobil langsung terpapar sinar matahari. Saat kita membuka sedikit kaca jendela mobil waktu parkir, maka hawa panas tadi tidak terperangkap dan udara bisa bersirkulasi.

BACA JUGA:Mobil Lemah di Tanjakan, Ini 6 Trik Mungkin Bisa Dipakai

Dengan membuka kaca jendela kira-kira 1 cm, bertujuan supaya tidak ada hawa panas yang terperangkap. Bila melihatnya secara teknis, ini memang dapat mengurangi suhu tinggi di dalam kabin mobil.

Pada beberapa mobil dengan kabin yang kekedapan kekedapannya cukup baik, membuat udara yang terperangkap di kabun terus memuai karena panas. Hal ini nantinya berdampak pada kaca yang jadi retak karena efek tekanan udara dalam kabin. 

Berikut ini penjelasan, pentingnya membuka sedikit kaca mobil saat memarkirkan mobil :

1. Buka Sedikit Kaca Mobil Waktu Parkir, Mempersulit Maling Membobol

Hal yang kita tidak sadari ialah dengan membuka sedikit kaca mobil ialah bakal mempersulit pelaku tindak kejahatan dengan modus memecahkan kaca. Penjelasannya yaitu ketika kita membuka sedikit kaca, maka ada sirkulasi udara yang keluar masuk ke dalam interior.

BACA JUGA:Oli Mobil Berlumpur? Ini Penyebab dan Bahayanya

Dengan demikian, kaca jadi tidak mudah pecah saat dilempar pelaku menggunakan serpihan busi. Kalau kaca ditutup rapat, tekanan udara panas yang memuai dalam kabin membuat lebih gampang retak.

Dalam modus kejahatannya, pelaku kerap menggunakan pecahan busi motor yang kemudian diberikan air liur agar pecahan busi tersebut dalam kondisi dingin. Saat busi tadi dilemparkan ke kaca kendaraan yang panas dan bertekanan tinggi akibat ditutup rapat, kaca dengan cepat mengalami keretakan.

Pelaku pencurian pun tinggal mendorong kaca yang retak dan pecah dengan mudah hanya memakai tangan. Setelah terbuka, pelaku tinggal mengambil barang berharga yang ditinggal pemilik di dalam mobil.

2. Buka Sedikit Kaca Mobil Agar Tidak Gampang Retak dan Pecah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: