Mobil Lemah di Tanjakan, Ini 6 Trik Mungkin Bisa Dipakai

Mobil Lemah di Tanjakan, Ini 6 Trik Mungkin Bisa Dipakai

Ilustrasi mobil sedang menanjak-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Terkadang, mobil menjadi kesulitan melibas jalan menanjak, hal ini pasti ada penyebabnya. Pengemudi harus paham kondisi mobil dan jangan dipaksakan karena bisa mengurangi keselamatan penghuni kabin.

Ada beberapa faktor mobil sulit diajak menanjak. Dalam beberapa kondisi ini sangat berbahaya, karena bisa mengakibatkan kecelakaan lantaran mobil mundur atau tergelincir.

Untuk meminimalisir kejadian buruk tersebut, Anda harus mengetahui bagaimana cara mengatasi mobil yang sulit diajak jalan di tanjakan. Dengan mengetahui cara untuk mengatasinya, maka mobil Anda seharusnya bisa dengan mudah melewati setiap tanjakan jalan yang Anda lalui.

BACA JUGA:Oli Mobil Berlumpur? Ini Penyebab dan Bahayanya

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini cara mengatasi mobil yang sulit diajak jalan di tanjakan, yang bisa Anda jadikan referensi.

1. Melakukan pengecekan pada filter bahan bakar

Cara mengatasi mobil yang sulit diajak jalan di tanjakan adalah dengan melakukan pengecekan pada filter bahan bakar. Filter bahan bakar yang sudah lama digunakan dan kebiasaan Anda mengisi bahan bakar dengan kualitas rendah akan membuat filter bahan bakar ini menjadi kotor.

BACA JUGA:Mengenal Macam dan Fungsi Sabuk Pengaman Mobil

Pada saat filter bahan bakar kotor, maka pembakaran yang terjadi dalam mesin menjadi tidak sempurna. Jika sudah demikian maka bisa dipastikan tenaga yang dihasilkan mesin mobil Anda menjadi berkurang.

2. Membersihkan filter udara

Selain filter bahan bakar, Anda juga harus melakukan pengecekan juga terhadap filter udara. Filter udara sendiri berfungsi untuk menyaring udara dari luar sebelum dimasukkan ke ruang bakar. Seiring usia pemakaian, filter udara ini akan kotor atau bahkan tersumbat.

BACA JUGA:Beli Mobil Baru atau Bekas? Ini Pertimbangannya

Jika filter udara sudah terlalu kotor, maka besar kemungkinan partikel kotoran bisa terhisap dan lolos menuju ke ruang bakar. Partikel kotoran yang masuk ke ruang bakar akan mengganggu proses pembakaran dan bahkan bisa membuat kerusakan pada mesin mobil.

3. Mengganti oli mesin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: