Mengenal Macam dan Fungsi Sabuk Pengaman Mobil

Mengenal Macam dan Fungsi Sabuk Pengaman Mobil

Ilustrasi sabuk pengaman mobil -(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sabuk pengaman mobil merupakan kelengkapan yang harus dipenuhi saat berkendara. Peraturan ini dikeluarkan pemerintah mengingat begitu pentingnya fungsi alat tersebut bagi keselamatan penumpang mobil saat berkendara, yaitu sebagai pelindung  dari benturan yang terjadi akibat kecelakaan.

Itu sebabnya, perusahaan mobil pun berinovasi dengan menciptakan produk mobil yang dilengkapi dengan sabuk pengaman. Apalagi mengingat kendaraan roda empat yang tidak dilengkapi dengan alat ini dianggap tidak memenuhi kelayakan yang ditentukan.

BACA JUGA:Beli Mobil Baru atau Bekas? Ini Pertimbangannya

Fungsi Sabuk Pengaman

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan sabuk pengaman? Pengertian dari safety belt adalah alat yang digunakan untuk menahan penumpang agar tidak terjatuh atau terlempar dari tempat duduknya, saat mobil mengalami kecelakaan, tabrakan, maupun pengereman mendadak.

Bentuk dari safety belt sendiri berupa sabuk yang dirancang menjadi satu dengan tempat duduk penumpang mobil. Alat ini biasanya dilengkapi dengan pengait yang bisa dibuka dan dipasang untuk memudahkan pemakaian.

BACA JUGA:Inilah Fitur Keselamatan Mobil Wajib Diketahui, Ada Fitur Aktif dan Pasif

Pemakaian dari alat ini adalah dengan cara mengikat penumpang yang duduk pada kursi tersebut. Bahan sabuk biasanya bersifat elastis untuk memberikan kenyamanan kepada penumpang yang memakainya.

Fungsi utama dari alat ini pada dasarnya adalah untuk menahan penumpang agar tetap berada di  tempat duduknya saat terjadi kecelakaan mobil. Tetapi sebenarnya ada beberapa fungsi lain dari safety belt ini, yaitu :

1. Melindungi Bagian Terpenting Dari Badan

Pada saat mobil berhenti mendadak, biasanya tubuh akan ikut terdorong ke depan. Hal tersebut sangat berisiko menyebabkan benturan bagian penting dari tubuh dengan benda yang ada di depannya. Misalnya saja kepala atau wajah, bisa membentur benda di depannya.

BACA JUGA:Inilah Manfaat Cover Mobil, Selain Melindungi Goresan Juga Anti Maling

Sementara kepala sendiri merupakan bagian penting dari tubuh. Apabila kepala mengalami benturan yang cukup keras, bisa dipastikan akan mengganggu kerja sistem saraf. Pada akibat fatal, bisa berisiko menyebabkan kematian.

Selain melindungi kepala, alat ini juga bisa melindungi bagian depan tubuh seperti dada, dari benturan. Bagian depan tubuh juga rawan terhadap benturan. Hal ini karena di dalamnya terdapat organ penting seperti jantung. Benturan keras di bagian tersebut juga berisiko menyebabkan kematian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: