Dikenal Mirip Buah Durian, Inilah 8 Manfaat Buah Lai Khas Kalimantan Untuk Kesehatan

Dikenal Mirip Buah Durian, Inilah 8 Manfaat Buah Lai Khas Kalimantan Untuk Kesehatan

Manfaat buah lai khas Kalimantan untuk kesehatan -Pinterest-

1. Sumber energi

Buah lai kaya akan karbohidrat dan gula alami sehingga merupakan sumber energi yang sangat efektif. Karbohidrat merupakan zat gizi makro utama yang digunakan tubuh sebagai bahan bakar untuk berbagai aktivitas sehari-hari.

Kandungan karbohidrat pada buah lai cepat diserap tubuh dan diubah menjadi glukosa yang merupakan sumber energi utama sel-sel tubuh.

Berguna untuk mengisi kembali energi yang hilang setelah melakukan aktivitas fisik yang berat, seperti olahraga atau pekerjaan berat.

2. Kandungan lemak sehat

Meski kandungan lemak pada buah lai lebih tinggi dibandingkan durian, namun buah ini termasuk lemak sehat yang memberikan banyak manfaat penting bagi kesehatan.

BACA JUGA:7 Manfaat Biji Ketumbar untuk Kesehatan, dr Zaidul Akbar: Salah Satunya Mengatasi Sakit Kepala

BACA JUGA:Tanaman Liar Ini Ampuh Mengatasi Masalah Ginjal, dr Zaidul Akbar Bagikan Caranya

Lemak sehat pada buah lai , khususnya lemak tak jenuh, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Memberikan kontribusi terhadap kesehatan jantung dengan mengurangi risiko penyakit jantung koroner, stroke, dan masalah kardiovaskular lainnya. Lemak sehat berperan penting dalam penyerapan vitamin yang larut dalam lemak, khususnya vitamin A, D, E dan K.

3. Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat pada buah lai juga sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Serat bertindak sebagai prebiotik yang mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus.

Serat pada buah juga meningkatkan volume tinja dan frekuensi buang air besar serta merangsang buang air besar sehingga mencegah sembelit.

BACA JUGA:8 Daftar Makanan yang Dapat Menyeimbangkan PH Dalam Tubuh

BACA JUGA:Agar Bebas Penyakit Begini Langkah Cuci Tangan Yang Benar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: