Luka Kulit Terasa Mengganggu, Berikut 6 Jenis Tanaman Obat yang Dapat Mengatasinya Secara Alami

Luka Kulit Terasa Mengganggu, Berikut 6 Jenis Tanaman Obat yang Dapat Mengatasinya Secara Alami

Daun binahong (Anredera cordifolia) dikenal sebagai obat tradisional karena khasiatnya yang luar biasa dalam menyembuhkan luka pada kulit.-Pinterest -

Lidah buaya (aloe vera) adalah salah satu tanaman yang terkenal memiliki berbagai manfaat kesehatan, terutama dalam penyembuhan luka pada kulit.

Ini termasuk luka operasi, luka bakar, ulkus dekubitus (luka akibat tekanan di kulit), psoriasis, dan puting pecah-pecah. Tanaman yang satu ini pun bisa menjadi obat untuk luka dalam, yaitu luka lebam.

Gel dari daun lidah buaya dapat dioleskan langsung pada luka. Gel ini dapat menjaga kelembapan pada area luka karena 99% kandungan di dalam gel berupa air.

Selain itu, melansir dari jurnal Iranian Journal of Medical Sciences, gel lidah buaya diketahui mampu meningkatkan kadar kolagen di dalam kulit, sehingga membantu proses regenerasi kulit.

Efek pendinginan dari gel lidah buaya juga dapat meredakan rasa sakit dan gatal pada luka.

BACA JUGA:7 Cara Mencegah dan Menghilangkan Plak pada Gigi

Untuk menggunakan tanaman ini sebagai obat luka, potong daun lidah buaya, ambil gelnya, dan oleskan langsung pada luka. Ulangi beberapa kali sehari.

3. Daun binahong

Daun binahong (Anredera cordifolia) dikenal sebagai obat tradisional karena khasiatnya yang luar biasa dalam menyembuhkan luka pada kulit.

Jenis daun ini diketahui mampu mempercepat penyembuhan luka dan mengurangi peradangan. Ini karena daun binahong memiliki senyawa yang mampu membunuh bakteri dan mencegah infeksi.

Selain itu, kandungan anti-inflamasi dalam daun binahong dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan pada area luka.

Dalam penggunaannya sebagai obat luka, haluskan daun binahong, lalu tempelkan pada luka luar. Ganti daun yang ditempelkan di kulit secara berkala.

BACA JUGA:Bisa Sebabkan Sindrom Metabolik, Ketahui 6 Efek Samping Makan Mie Instan untuk Kesehatan

4. Temulawak

Temulawak (Curcuma xanthorrhiza) termasuk tanaman herbal yang sering digunakan dalam penyembuhan luka pada kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: