Suka Dikonsumsi Sebagai Minuman Herbal, Inilah 6 Manfaat Kayu Secang untuk Kesehatan

Suka Dikonsumsi Sebagai Minuman Herbal, Inilah 6 Manfaat Kayu Secang untuk Kesehatan

Kayu secang (Caesalpinia sappan) sudah lama diolah sebagai bahan minuman herbal yang dicampur aneka rempah atau dikenal dengan sebutan wedang uwuh-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Salah satu obat tradisional yang dikenal dengan ragam manfaat untuk kesehatan tubuh adalah kayu secang.

Kayu secang (Caesalpinia sappan) sudah lama diolah sebagai bahan minuman herbal yang dicampur aneka rempah atau dikenal dengan sebutan wedang uwuh

Manfaat kayu secang sebagai salah satu obat tradisional sudah dikenal secara luas oleh masyarakat Indonesia. Tanaman yang satu ini kerap dikonsumsi sebagai teh herbal atau jamu ini memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh, mulai dari meredakan nyeri hingga mengontrol gula darah. 

Batang kayu secang terlebih dahulu diserut dan dijemur agar dapat digunakan sebagai bahan minuman. Umumnya, minuman berbahan serutan kayu secang dinikmati dengan cara diseduh menggunakan air hangat.

Selain itu, kayu secang juga tersedia dalam bentuk ekstrak atau suplemen. Beragam senyawa yang terdapat pada kayu secang dipercaya bermanfaat untuk kesehatan. Lantas, apa manfaat daun secang untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat kayu secang:

BACA JUGA:Wajah Glowing dan Awet Muda Cukup dengan 1 Bahan Ini, dr Zaidul Akbar Bagikan Resepnya

1. Menurunkan dan mengontrol gula darah

Satu lagi manfaat kayu secang untuk kesehatan, yakni dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah. Hal ini dikarenakan kandungan antidiabetes di dalamnya.

Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas manfaat kayu secang sebagai obat herbal pengontrol gula darah.

2. Menghentikan diare

Secara tradisional, kayu secang kerap dikonsumsi sebagai teh herbal atau jamu untuk mengobati diare. Hal ini didukung oleh beberapa studi yang menyebutkan bahwa kayu secang bermanfaat dalam membasmi bakteri penyebab diare karena kandungan zat antibakteri di dalamnya.

Sayangnya, secara klinis, manfaat kayu secang sebagai obat diare masih perlu diteliti lebih lanjut. Oleh karena itu, bila diare yang Anda alami tidak kunjung sembuh selama 2 hari atau muncul tanda dehidrasi, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

BACA JUGA:Agar Stroke, Kencing Manis dan Tekanan Darah Tinggi Cepat Sembuh, dr Zaidul Akbar Sarankan Minum Ini

3. Mengatasi peradangan dan nyeri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: