Simak 5 Cara Mencegah Keloid Agar Tidak Tumbuh pada Bekas Luka

Simak 5 Cara Mencegah Keloid Agar Tidak Tumbuh pada Bekas Luka

Cara mencegah keloid muncul pada bekas luka -Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sebagian orang yang memiliki luka akan menjadi keloid. Apakah Anda pernah memiliki luka yang menjadi keloid? Apakah ada cara mencegah keloid pada luka lainnya?

Keloid adalah bekas luka menonjol yang disebabkan oleh penyembuhan luka yang berlebihan. Bisa juga muncul setelah luka, tindikan, tato, atau operasi. 

Banyak keloid terasa gatal dan nyeri. Kadang juga membuat jadi tidak percaya diri jika lukanya ada di bagian kulit yang terlihat orang lain. 

Keloid bisa muncul dan membesar selama bertahun-tahun, dan kadang muncul dalam 3 bulan atau lebih setelah luka terjadi. Lalu, bagaimana cara mencegah keloid agar tidak tumbuh? Yuk, simak pada ulasan di bawah ini. 

Ada banyak yang bisa kita upayakan mencegah luka menjadi keloid yang menonjol dan susah dihilangkan, berikut diantaranya. 

BACA JUGA:Ini Dia Mitos dan Fakta Seputar Gunting Rambut

1. Menghindari terjadinya luka 

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah hindari terjadinya luka pada tubuh. Luka apapun pada kulit, sengaja atau tidak, bisa membentuk menjadi keloid. 

Penyebab keloid biasanya adalah luka jatuh, tindik dan tato. Jika kulit Anda cenderung membentuk keloid, sebaiknya jangan memberikan luka tindik atau tato pada kulit Anda.

2. Rawat luka dengan benar agar tidak membekas

Cara kedua yang bisa Anda lakukan adalah dengan merawat luka agar tidak membekas. Jika kulit terluka, segera cuci dengan lembut luka tersebut sabun dan air mengalir. 

Oleskan petroleum jelly ke luka untuk menjaganya tetap lembap, lalu tutupi dengan perban terus lakukan ini sampai lukanya sembuh. Ulangi oleskan petroleum jelly dan ganti perban setiap hari setelah membersihkan luka dengan sabun dan air mengalir.

BACA JUGA:Begini 5 Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Minyak Zaitun

3. Lindungi luka dari sinar matahari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: