Simak 9 Cara Mengatasi Kulit Mengelupas Akibat Terbakar Sinar Matahari

Simak 9 Cara Mengatasi Kulit Mengelupas Akibat Terbakar Sinar Matahari

Cara mengatasi kulit yang mengelupas akibat terbakar sinar matahari-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Saat kulit mengelupas akibat sinar matahari tentu akan terasa menyakitkan. Apabila Anda mengalaminya, ada beberapa dapat mengikuti cara mengatasi kulit mengelupas setelah terbakar matahari. 

Sebenarnya kulit mengelupas setelah terpapar sinar matahari merupakan mekanisme alami tubuh untuk menghilangkan sel-sel kulit yang rusak yang terkena paparan sinar UV

Dengan mengelupas, tubuh dapat memperbarui dan menggantikan sel-sel kulit yang rusak dengan yang baru. Perawatan yang tepat karena kulit mengelupas setelah terbakar matahari sangat penting untuk mengurangi ketidaknyamanan dan mencegah kerusakan lebih lanjut. 

Berikut adalah panduan untuk merawat kulit yang mengelupas akibat sinar matahari.

BACA JUGA:Jangan Biarkan Anak Anak Terlalu Banyak Minum Susu, Ini Risikonya!

1. Dinginkan kulit

Penanganan pertama saat kulit terbakar matahari hingga mengelupas yaitu dengan mendinginkan kulit. Caranya yaitu dengan kompres dingin (bukan es langsung) untuk mengurangi rasa panas dan peradangan. 

Anda bisa menggunakan handuk bersih yang direndam dalam air dingin, kemudian letakkan di area yang terbakar selama 10 – 15 menit.

Gunakan juga campurkan gel lidah buaya dengan air dingin dan gunakan kain bersih untuk mengompres area yang terbakar. Lidah buaya memiliki sifat menenangkan dan anti-inflamasi.

Anda juga bisa mandi dengan air dingin atau suam-suam kuku dapat membantu mengurangi rasa panas pada kulit. Hindari air panas karena bisa memperparah iritasi.

BACA JUGA:Inilah 6 Efek Samping Konsumsi Daging Berlebihan, Bisa Meningkatkan Risiko Kanker dan Kerusakan Jantung

2. Gunakan pelembap

Pakai pelembap adalah kunci terpenting untuk merawat kulit yang kering dan mengelupas karena sinar matahari. Namun, cermati dulu bahan-bahan yang terkandung dalam pelembap yang Anda pilih supaya tidak memicu iritasi berkepanjangan.

Hindari krim pelembap yang berbahan dasar minyak karena dapat menangkap panas lebih banyak ke dalam kulit. Akibatnya, kulit malah terasa semakin terbakar dan mengelupas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: