Inilah 6 Efek Samping Konsumsi Daging Berlebihan, Bisa Meningkatkan Risiko Kanker dan Kerusakan Jantung

Inilah 6 Efek Samping Konsumsi Daging Berlebihan, Bisa Meningkatkan Risiko Kanker dan Kerusakan Jantung

Efek samping konsumsi daging secara berlebihan -Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Daging mengandung banyak manfaat dan kandungan protein yang baik untuk kesehatan. Daging umumnya berasal dari hewan sapi atau kambing

Kedua jenis daging tersebut merupakan sumber protein yang baik untuk perkembangan sel dalam tubuh. Namun, jika daging dikonsumsi secara berlebihan akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan. 

Daging sapi dan kambing memiliki banyak manfaat jika diolah dengan benar dan dikonsumsi secukupnya. Namun. tahukah kamu daging merah utamanya memiliki kandungan lemak dan kalori yang tinggi. 

Nah, kandungan lemak dan kalori yang terbilang tinggi akan memiliki efek samping jika dikonsumsi berlebihan tidak akan baik untuk tubuh. Berikut sederet efek samping terlalu banyak mengonsumsi daging merah. 

1. Meningkatkan risiko kanker

Pengolahan daging bisa membentuk senyawa karsinogenik, seperti amina heterosiklik (HCA) dan hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH). HCA terbentuk saat daging dimasak pada suhu tinggi, sedangkan PAH terbentuk saat pembakaran zat organik pada daging. 

Kedua senyawa tersebut diyakini dapat meningkatkan risiko kanker kolorektal atau kanker usus besar dan rektum. Perlu Anda ketahui, kedua senyawa ini mampu menyebabkan mutasi genetik. 

Sel-sel tubuh pun bisa berubah menjadi ganas dan memicu penyakit kanker. Selain itu, lemak pada daging merah memicu produksi hormon estrogen. 

BACA JUGA:Masokis! Bentuk Penyimpangan Seksual yang Berbahaya

Ketidakseimbangan estrogen bisa menyebabkan peradangan dan meningkatkan risiko kanker payudara. Ketidakseimbangan hormon pria juga terjadi akibat lemak jenuh dari daging merah. 

Jadi, risiko kanker prostat pun meningkat. Oleh karena itu, tidak heran bila kebanyakan makan daging bisa meningkatkan risiko berbagai macam kanker.

2. Menjadi Penyebab Penyakit Diabetes

Mengonsumsi daging merah berlebihan dapat menyebabkan gangguan fungsi metabolik. Hal ini dapat memicu penyakit seperti diabetes tipe II dan resisten insulin. 

Selain itu, kandungan lemak pada daging merah dapat mengendap di pembuluh darah sehingga dapat menyumbatnya dan dapat memicu penyakit stroke. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: