Luka Kulit Terasa Mengganggu, Berikut 6 Jenis Tanaman Obat yang Dapat Mengatasinya Secara Alami

Luka Kulit Terasa Mengganggu, Berikut 6 Jenis Tanaman Obat yang Dapat Mengatasinya Secara Alami

Daun binahong (Anredera cordifolia) dikenal sebagai obat tradisional karena khasiatnya yang luar biasa dalam menyembuhkan luka pada kulit.-Pinterest -

Ini karena temulawak mengandung senyawa kurkumin yang memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang membantu mencegah infeksi pada luka.

Kandungan kurkumin dalam temulawak juga memiliki efek anti-inflamasi yang dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan pada luka.

Sebagai obat luka, haluskan rimpang temulawak, kemudian oleskan pada luka. Bisa juga digunakan sebagai salep pada luka Anda.

BACA JUGA:7 Cara Mencegah dan Menghilangkan Plak pada Gigi

5. Daun sambiloto

Daun sambiloto (Andrographis paniculata) merupakan tanaman herbal yang dikenal dengan khasiatnya sebagai obat dalam penyembuhan berbagai penyakit, termasuk luka pada kulit.

Tanaman ini memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang bermanfaat untuk penyembuhan luka. Daun sambiloto memiliki senyawa antimikroba yang efektif melawan bakteri dan mikroorganisme penyebab infeksi.

Sementara itu, kandungan anti-inflamasi dalam daun sambiloto membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan pada luka.

Daun sambiloto juga dapat merangsang proses regenerasi sel kulit, sehingga mempercepat penyembuhan luka. Untuk penggunaannya, haluskan daun sambiloto, kemudian oleskan pada luka. Bisa juga dibuat menjadi infus dan digunakan sebagai kompres.

BACA JUGA:Ternyata Minum Kopi Bisa Turunkan Berat Badan, dr Zaidul Akbar Jelaskan Caranya

6. Kunyit

Bukan cuma sebagai bahan masakan, kunyit (Curcuma longa) adalah tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk untuk penyembuhan luka pada kulit.

Kandungan kunyit meliputi kurkumin, yaitu senyawa aktif yang memiliki sifat antiseptik dan antibakteri untuk membantu mencegah infeksi pada luka.

Kurkumin juga memiliki efek anti-inflamasi yang dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan pada luka.

Selain itu, kunyit merangsang produksi kolagen dan membantu regenerasi sel kulit, sehingga mampu mempercepat proses penyembuhan luka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: