Ini Dia 7 Makanan dan Minuman yang Bantu Redakan Gangguan Kecemasan

Ini Dia 7 Makanan dan Minuman yang Bantu Redakan Gangguan Kecemasan

Ada beberapa jenis makanan diketahui memiliki efek menenangkan otak sehingga bisa membantu meredakan gejala kecemasan atau anxiety disorder.-Pinterest -

3. Almond

Selain cokelat, kacang almond juga menjadi salah satu makanan yang dapat mengurangi gangguan kecemasan. Almond adalah sumber beberapa nutrisi, termasuk vitamin E dan lemak sehat, yang dianggap dapat meningkatkan fungsi otak. 

Almond juga menawarkan manfaat lain, yakni meningkatkan suasana hati yang sering kali menjadi bahan campuran cokelat. Beberapa penelitian juga menyebutkan jika mengonsumsi kacang-kacangan, termasuk almond, berkaitan dengan penurunan gejala depresi.

BACA JUGA:Meningkatkan Daya Ingat, Inilah Ragam Manfaat Belut untuk Kesehatan

4. Kunyit

Kunyik mengandung kurkumin yang dapat membantuk mengurangi kecemasan dengan mengurangi peradangan stres oksidatif yang cenderung meningkat pada penderita anxiety disorder. Kurkumin dalam makanan dapat meningkatkan kadar DHA dan mengurangi kecemasan. 

Itulah sebabnya, kunyit direkomendasikan sebagai salah satu makanan untuk membantu mengurangi gejala anxiety disorder. Untuk mengonsumsi kunyit, tambahkan rempah-rempah ini ke dalam makanan. 

5. Salmon

Makanan sehat untuk membantu mengurangi gejala anxiety disorder lainnya adalah salmon. Jenis ikan ini mengandung lemak sehat, yaitu omega-3 eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexanoic acid (DHA), serta vitamin D yang dapat meningkatkan kesehatan otak.

Nutrisi tersebut membantu mengatur neurotransmitter (molekul kimia yang membawa pesan atau sinyal dari satu sel saraf ke sel target berikutnya), seperti dopamin dan serotonin, yang membantu menenangkan serta membuat tubuh lebih rileks.

BACA JUGA:Ini Dia Manfaat dan Cara Menerapkan Pola Tidur Bifasik

6. Yoghurt

Yoghurt menjadi salah satu pilihan minuman yang mengandung bakteri sehat Lactobacillus dan Bifidobacteria yang diketahui memiliki efek positif terhadap kesehatan otak.

Yoghurt serta beberapa produk susu lainnya dapat menghasilkan efek antiinflamasi pada tubuh. Pasalnya, peradangan kronis diyakini terlibat dalam terjadinya kecemasan, stres, dan depresi.

Makanan fermentasi seperti yoghurt dapat membantu mengurangi kecemasan sosial pada beberapa anak muda dan dapat meningkatkan kebahagiaan pada beberapa orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: