Begini Cara Atasi Diare saat Perjalanan Arus Balik Mudik

Begini Cara Atasi Diare saat Perjalanan Arus Balik Mudik

Cara mengatasi diare saat mudik-Pinterest -

Kamu bisa membeli oralit kemasan di apotek terdekat lalu larutkan dalam segelas air. Minuman berelektrolit juga bisa didapatkan dengan mudah di supermarket terdekat yang kamu temui selama perjalanan balik mudik.

BACA JUGA:Tak Perlu Khawatir Asam Lambung Naik Saat Puasa, dr Zaidul Akbar Bagikan Resep Sahur Agar Puasa Tetap Nyaman

3. Minum Obat Antidiare

Bila diare tidak juga kunjung membaik, segeralah minum obat diare. Loperamide adalah salah satu obat yang ampuh dan cepat dalam menghentikan diare. Obat antidiare ini bekerja dengan cara memperlambat aktivitas usus besar, sehingga makanan dapat ditahan lebih lama. 

Kemudian, usus akan menyerap lebih banyak air dan tinja pun menjadi lebih padat. Loperamide tidak dianjurkan untuk dikonsumsi anak-anak.

4. Yoghurt

Cara lainnya untuk meredakan diare saat balik mudik adalah dengan mengonsumsi yoghurt. Kandungan dalam probiotik mampu meningkatkan jumlah bakteri sehat untuk melawan kuman dalam saluran pencernaan kamu. 

Namun, bagi kamu yang memiliki alergi atau tidak cocok terhadap yoghurt, sebaiknya tidak menggunakan cara ini, karena dapat memperparah diare.

BACA JUGA:Bosan Makan Nasi? Ini Dia 8 Pilihan Karbohidrat Pengganti Nasi yang Mudah Ditemukan dan Bernutrisi

5. Teh Hitam

Minum teh hitam juga bisa membantu meredakan diare saat mudik. Hal ini karena teh hitam mengandung tanin yang akan memicu efek astringen atau menurunkan kadar air dalam kotoran sekaligus menurunkan keinginan untuk BAB. 

Kalau bisa, minumlah teh hitam yang dicampur dengan chamomile. Namun, bila susah mencari teh hitam dalam perjalanan balik mudik, minum segelas teh pahit hangat juga sudah cukup membantu meredakan diare.

Kamu dapat melakukan persiapan sebelum memulai perjalanan dengan mengikuti cara di atas. Semoga membantu ya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: