Bosan Makan Nasi? Ini Dia 8 Pilihan Karbohidrat Pengganti Nasi yang Mudah Ditemukan dan Bernutrisi

Bosan Makan Nasi? Ini Dia 8 Pilihan Karbohidrat Pengganti Nasi yang Mudah Ditemukan dan Bernutrisi

Beragam sumber karbohidrat pengganti nasi di atas bisa kamu konsumsi selang-seling supaya tidak bosan.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Ada banyak pilihan karbohidrat pengganti nasi yang bisa kamu konsumsi. Selain mengenyangkan, beragam makanan alternatif nasi ini juga murah, mudah ditemukan, dan kaya nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. karbohidrat adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan dalam jumlah besar. Pria dewasa membutuhkan asupan karbohidrat sekitar 415–430 gram per harinya, sementara wanita dewasa membutuhkan karbohidrat sekitar 340–360 gram per hari.

Umumnya, orang Indonesia memperoleh nutrisi ini dengan mengonsumsi nasi, khususnya nasi putih. Namun, sumber karbohidrat tidak hanya itu, lho. Kamu bisa mendapatkan nutrisi ini dengan mengonsumsi karbohidrat pengganti nasi, seperti singkong, kentang, ubi, jagung, bahkan mi.

BACA JUGA:Wajib Tahu! Kenali Bahaya Kemasan Plastik dari Kode Segitiga di Bawahnya

Beragam karbohidrat pengganti nasi tersebut juga mengandung serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Sederet Pilihan Karbohidrat pengganti nasi
Dalam semangkuk nasi putih atau setara dengan 100 gram, terkandung karbohidrat sebanyak sekitar 28,5 gram. Kalau kamu bosan dengan nasi putih, kamu bisa kok mendapatkan karbohidrat yang setara dengan mengonsumsi karbohidrat pengganti nasi berikut ini:

1. Singkong
Dalam porsi yang sama, singkong mengandung karbohidrat lebih banyak dari nasi, yakni hampir 40 gram. Selain karbohidrat, ketela pohon ini juga tinggi akan nutrisi lain yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh, mulai dari protein, serat, folat, vitamin B, vitamin C, dan kalium.

2. Ubi jalar
Jika dibandingkan dengan nasi putih, ubi jalar mengandung karbohidrat yang lebih sedikit, yakni sekitar 20 gram. Namun, umbi ini tinggi serat yang baik untuk menjaga kesehatan usus dan mencegah sembelit. Tak hanya itu, ubi jalar juga termasuk sumber karbohidrat pengganti nasi yang lebih sehat karena kaya akan vitamin A, vitamin B, kalium, protein, fosfor, dan kalsium.

BACA JUGA:Jenis-Jenis Minyak Rambut Pria dan Cara Menggunakannya

3. Kentang
Kentang digadang-gadang sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi yang baik untuk orang yang sedang diet. Soalnya, kentang relatif rendah kalori dan minim karbohidrat, yakni hanya 20 gram dalam tiap 100 gramnya. Oleh karena itu, kentang baik dikonsumsi sebagai karbohidrat pengganti nasi bagi yang ingin mengontrol berat badan. Selain itu, kandungan serat yang terkandung di dalam kentang tidak hanya memberikan rasa kenyang, tetapi juga bisa menekan nafsu makan agar kamu tidak tergoda ngemil berlebihan.

4. Jagung
Karbohidrat pengganti nasi selanjutnya adalah jagung. Dalam 100 gram, jagung mengandung karbohidrat sekitar 21 gram dan 3,4 gram protein. Kedua nutrisi ini bisa memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga kamu tidak mudah lapar. Jagung juga mengandung vitamin A, vitamin B9 (folat), dan vitamin C yang baik untuk kesehatan.

5. Sagu
Ini juga termasuk salah satu makanan tinggi karbohidrat yang bisa dijadikan pengganti nasi. Sagu cukup umum dikonsumsi di daerah Indonesia timur dan diolah menjadi hidangan nikmat, misalnya papeda. Adapun di samping karbohidrat, sagu kaya akan nutrisi lain, seperti protein, vitamin, mineral, dan serat.

BACA JUGA:Air Galon Sekali Pakai VS Air Galon Isi Ulang, Mana Lebih Baik?

6. Talas
Tidak banyak orang yang mengonsumsi talas sehari-hari. Padahal, kandungan karbohidrat di dalam umbi ini lebih banyak dari nasi putih, yakni sekitar 35 gram. Kandungan serat di dalam talas pun lebih besar dibandingkan beragam karbohidrat pengganti nasi yang telah dipaparkan di atas.

Mengonsumsi talas tidak hanya membuat perut kenyang, tetapi juga baik untuk daya tahan tubuh. Soalnya, talas mengandung antioksidan quercetin dan vitamin E yang melimpah. Nutrisi tersebut bisa melindungi tubuh dari radikal bebas penyebab penyakit.

7. Mi
Seporsi mi yang telah dimasak mengandung karbohidrat sebanyak 25 gram dan protein sekitar 5 gram. Meski cukup bernutrisi, mi umumnya tinggi akan kandungan garam, apalagi jika dikonsumsi dengan tambahan micin atau MSG. Oleh karena itu, agar lebih sehat, konsumsilah mi yang dimasak sendiri dan bukan mi instan, ya. Di samping itu, kamu disarankan untuk mengurangi asupan garam atau penyedap rasa saat mengonsumsi sumber karbohidrat pengganti nasi ini.

BACA JUGA:Mudah Banget! Begini Cara Memperbaiki TV Tiba-Tiba Mati Sendiri

8. Bihun
Suka makan Bihun? Nah, Bihun termasuk karbohidrat pengganti nasi juga, lho. Ini karena Bihun diolah dari tepung beras. Dalam seporsi Bihun terkandung karbohidrat sebanyak 24 gram. Makanan ini juga mengandung protein, serat, dan sejumlah mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Beragam sumber karbohidrat pengganti nasi di atas bisa kamu konsumsi selang-seling supaya tidak bosan. Agar lebih sehat, padukan makanan tersebut dengan makanan bergizi lainnya, seperti sayur, buah, daging, ikan, telur, tahu, tempe, dan kacang-kacangan.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: