Begini Cara Atasi Diare saat Perjalanan Arus Balik Mudik

Begini Cara Atasi Diare saat Perjalanan Arus Balik Mudik

Cara mengatasi diare saat mudik-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Bila dalam perjalanan balik mudik, kamu tiba-tiba saja sakit perut dan buang air besar (BAB) lebih dari tiga kali dalam sehari dengan feses bertekstur lembek atau cair, itu artinya kamu mengalami diare. 

Selain bikin kamu enggak nyaman karena harus bolak-balik kamar mandi, diare juga bisa membuat kamu lemas dan dehidrasi karena banyaknya cairan yang keluar.

Namun nyatanya, diare adalah penyakit yang cukup sering dialami banyak orang saat sedang menempuh perjalanan jauh seperti mudik.

Tubuh yang kelelahan, cuaca yang tidak bersahabat maupun makanan yang dikonsumsi dalam perjalanan adalah beberapa penyebab kamu bisa mengalami diare saat pulang mudik. Lalu, bagaimana cara mengatasi diare saat mudik yang sangat menyiksa? Segera atasi diare saat mudik dengan cara-cara ini:

BACA JUGA:Begini Cara Mengonsumsi Obat Herbal dengan Aman

1. Konsumsi Makanan yang Lunak

Diare yang menyerang saat dalam perjalanan balik mudik biasanya disebabkan oleh keracunan makanan (food poisoning) akibat mengonsumsi makanan yang sudah tercemar oleh bakteri atau virus. 

Jenis makanan yang mengandung protein hewani, seperti ayam, daging, ikan (seafood) memang memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi. Namun, bila kurang higienis mengolahnya, bakteri akan lebih mudah berkembang, sehingga menyebabkan diare.

Bila sudah terlanjur mengalami diare, kamu dianjurkan untuk menghindari makanan padat, pedas, berlemak, berminyak, dan berserat tinggi. 

Sebaliknya, kamu disarankan untuk mengonsumsi makanan yang lunak, berprotein tinggi, dan rendah serat yang lebih mudah dicerna oleh perutmu yang sedang sakit.

BACA JUGA:Agar Tak Mudah Mengantuk Saat Puasa, dr Zaidul Akbar Bagikan Resep Menu Sehat Sahur Ala Rasulullah SAW

2. Perbanyak Minum Air Putih

Banyak minum air putih adalah hal penting yang perlu kamu lakukan saat terserang diare saat balik mudik. Hal ini untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi akibat banyaknya cairan yang keluar melalui buang air besar yang terlalu sering. 

Selain air putih, kamu juga bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air kelapa, air kaldu, minuman berelektrolit atau oralit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: