Jangan Salah! Begini Cara Membaca Kode Aki Mobil dengan Benar

Jangan Salah! Begini Cara Membaca Kode Aki Mobil dengan Benar

Dengan membaca kode aki, Anda akan tahu apakah aki tersebut sudah melebihi masa atau masih lama.--

Aki Standar Jepang atau JIS

Nah, yang pertama ada aki yang biasa ada di dalam mobil Toyota Avanza, Suzuki Swift, Honda Jazz, Pajero. dan merek lainnya. Untuk cara membaca kode aki mobil standar JIS ini memiliki ciri khas pole yang menonjol dan juga tidak rata. Jadi, pole dan container aki berbeda. Jika Anda perhatikan, pada aki JIS ini terdapat kode NS40. Setiap kode memiliki arti atau maknanya.

Huruf N pada aki artinya normal, huruf AS untuk pengurangan aki yang sebesar 20 persen. Sementara itu, pole artinya small dan 40 menjadi daya utama pada aki atau baterai.Untuk mengetahui besaran dayanya, Anda bisa menggunakan cara membaca kode aki 40 – 20 persen + 10 persen = 32 Ah. Pole aki kecil dan juga pole di bagian kutub positif aki harus ada di sebelah kanan.

BACA JUGA:Cara Renovasi Rumah Minimalis Modern Jadi Bernuansa Alami, Bisa Ditiru

Anda bisa melihat kode R yang berarti right (kanan) untuk mengetahui dimana letak dari pole positif pada bagian aki. Namun, sebagian besar aki memberikan kode L atau left (kiri).

Lantas, bagaimana jika menemukan kode 60 keatas? Artinya, nilai ampere tersebut berbeda, sehingga menjadi NS60 adalah 45Ah. Ada juga 55D23L yang artinya 60 Ah, NS70 artinya 65Ah, N50Z yang artinya 60 Ah, dan 80D6l cara baca kode aki yaitu 70Ah. Kode battery tersebut menggunakan GS Astra.

Kode Aki DIN

Selain JIS, ada juga DIN yang artinya standar Eropa. Tentu saja aki ini banyak digunakan di mobil Eropa.Ciri dari aki DIN adalah pole yang rata seperti bagian bodynya. Aki jenis ini memiliki 5 kode angka, tetapi Anda tidak perlu memperhatikan semuanya.

BACA JUGA:Ingin Malaikat Ikut Mendoakan Hajat Kita, Syekh Ali Jaber Sebut Ajak Lakukan Amalan Mudah ini

Dari kelima angka, Anda hanya perlu memperhatikan 3 digit di bagian awalnya. Hanya dengan 3 angka awal, Anda akan mengetahui nilai ampere dari aki tersebut. Misalnya ada aki DIN dengan kode 555-59. Artinya, 5 pertama memiliki nilai 0. Jika angka pertama 6, artinya 1, jika 7 artinya 2. Sementara itu, angka 2 dan 3 memiliki nilai yang sama. Jadi, cara membaca kode aki adalah 055 Ah atau 55 ampere.

Kode Aki Yuasa

Ada juga jenis aki mobil Yuasa. Jenis ini memiliki kode yang lebih mudah dibaca. Misalnya terdapat kode 1506179, maka angka 15 adalah tanggal pembuatan dan 06 bulan, serta 17 adalah tahunnya. Sementara itu, 9 adalah kode negara pembuatan dari unit aki tersebut, yakni Indonesia. Cara membaca kode aki ini jauh lebih gampang memang.

BACA JUGA:Ingin IQ dan Kecerdasan Meningkat, Minumlah Resep Ramuan dari dr Zaidul Akbar ini

Membaca Kode Aki GS Astra

Mungkin Anda sudah cukup akrab dengan aki mobil satu ini. Membaca kode aki mobil GS Astra sedikit lebih rumit dari sebelumnya. Hal tersebut karena memang kode kode dari aki cukup banyak, sehingga seringkali membuat bingung. Padahal, membacanya masih termasuk mudah. Seperti pada kode 1567B5K2150. Anda bisa membaca angkanya. Angka pertama artinya tanggal 15, angka 6 bulan Juni, dan 7 yang menandakan tahun 2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: