Jarang Diketahui, 7 Manfaat Cengkeh untuk Rambut dan Kulit Kepala

Jarang Diketahui, 7 Manfaat Cengkeh untuk Rambut dan Kulit Kepala

Manfaat cengkeh untuk kesehatan rambut dan kulit kepala -Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Cengkeh rempah-rempah yang sering kali digunakan sebagai penyedap bumbu masakan di rumah ini ternayata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan rambut dan kulit kepala yang jarang diketahui sebagian orang. 

Salah satu manfaat cengkeh untuk rambut adalah dapat mengatasi kerontokan dan meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala.

Bahkan, cengkeh telah digunakan selama berabad-abad sebagai pengobatan Tiongkok dan Ayurveda di India, tanaman asal Indonesia ini memiliki sifat anti-mikroba, anti-virus, anestesi, anti-parasit, dan anti-oksidan yang tinggi.

Selain sering dimanfaatkan sebagai penambah rasa pada makanan dan mengobati sakit gigi, kamu juga bisa merasakan manfaat cengkeh untuk rambut dan kulit kepala lainnya. Penasaran akan manfaat cengkeh? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini. 

BACA JUGA:Cara Membuang Lendir di Tenggorokan dan Dada dr Zaidul Akbar Sarankan Gunakan Rempah-rempah Ini

1. Memperkuat Rambut.

Ada banyak faktor terjadinya kerusakan rambut, misalnya rambut yang sering di-styling, terpapar sinar matahari hingga gonta-ganti warna rambut. 

Beberapa hal tersebut bisa membuat rambut menjadi rapuh dan mudah patah. Makanya, kamu perlu melakukan perawatan lanjutan dengan menggunakan cengkeh.

Salah satu manfaat cengkeh untuk rambut adalah membantu mencegah kerusakan dan memperkuat rambut. Kandungan mikronutrien yang ada di dalam cengkeh dapat memperkuat tiap helaian rambut sekaligus melindunginya dari kerusakan.

2. Mengatasi Rambut Rontok.

Rambut rontok kerap kali jadi masalah rambut hampir semua orang. Selain menggunakan shampoo untuk rambut rontok, coba juga lakukan perawatan lanjutan dengan menggunakan bahan alami, salah satunya cengkeh.

Memiliki senyawa eugenol, cengkeh dipercaya dapat mengatasi kerontokan rambut. Kamu bisa mengoleskan 2-3 tetes minyak cengkeh mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut secara merata untuk mencegah rambut rontok.

BACA JUGA:Takut Makan Daging Kurban Karena Khawatir Kolesterol, dr Zaidul Akbar BagikanTips Mengatasi Kolesterol

3. Merangsang Pertumbuhan Rambut Baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: