Jangan Salah! Begini Cara Membaca Kode Aki Mobil dengan Benar

Jangan Salah! Begini Cara Membaca Kode Aki Mobil dengan Benar

Dengan membaca kode aki, Anda akan tahu apakah aki tersebut sudah melebihi masa atau masih lama.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Cara membaca kode aki sangat penting. Jangan sampai Anda memiliki cara yang salah dalam membaca kode aki. Tentu saja ada tips otomotif sendiri terkait hal ini.aki menjadi bagian penting yang ada pada mobil maupun motor. Apabila aki ini bermasalah, Anda akan langsung merasakan akibatnya.

Kendaraan yang akinya rusak tidak akan bisa menyala seperti pada umumnya.Dengan demikian, Kendaraan tidak akan berfungsi dengan normal. Harga dari aki mobil sebenarnya tidak murah. Hal tersebut sangat tergantung dengan kualitasnya. Jadi, Anda sebaiknya tidak tergiur dengan aki yang terlalu murah.

BACA JUGA:Cara Dapatkan Backlink Berkualitas dari Media Nasional, Ikuti Trik Berikut Ini

Cara Membaca Kode Aki dengan Tepat

Aki sudah menjadi komponen mobil yang seringkali menjadi pembahasan. Sebenarnya aki mobil ini ukurannya tidak selalu besar, tetapi perannya sangat penting.Keberadaan aki ini akan sangat mempengaruhi kinerja mobil. Oleh karena itu, rasanya sangat penting untuk mengetahui lebih lanjut mengenai aki.

Aki adalah sebuah komponen di dalam mobil yang berfungsi sebagai sumber energi listrik, sekaligus tempat penyimpanan energi listrik dinamis. Ada dua jenis aki mobil yang paling umum, yaitu aki kering dan aki basa. Aki kering artinya menggunakan gel untuk merendam sel-sel aki.

BACA JUGA:Link DANA Kaget Hari Ini 3 September 2023: Gratis Saldo DANA Rp 85.000, Ayo Cepat Klaim!

Sementara itu, aki basah menggunakan cairan elektrolit untuk merendam sel aki. Aki jenis ini memiliki masa pemakaian hanya 1 tahun karena mudah menguap. Saat ini banyak pengguna yang lebih memilih menggunakan aki kering karena bisa bertahan hingga sekitar lima tahun, tergantung dengan pemakaian.

Harga aki mobil sendiri tidak murah, bahkan sampai jutaan. Itulah kenapa, Anda tidak boleh sembarangan dalam memilihnya. Ketika akan membeli, Anda perlu mengetahui cara membaca kode aki yang tepat. Berikut ini caranya.

BACA JUGA:Rezeki Masih Saja Seret? Amalkan 4 Sholawat Nabi Paling Mustajab Mendatangkan Rezeki

Apa Itu Kode Aki?

Kode aki mungkin terdengar sepele. Akan tetapi, Anda perlu memperhatikannya dengan baik sebelum membeli. Dengan membaca kode aki, Anda akan tahu apakah aki tersebut sudah melebihi masa atau masih lama. Ketika sudah melebihi masa, artinya aki tersebut kadaluarsa. Anda jadi tahu apakah aki yang akan dibeli melebihi masa atau tidak. Kode produksi ini biasanya ada dari pabrikan aki.

Pabrikan akan memberikan kode untuk prediksi atau jangka waktu dari usia aki. Alhasil, Anda bisa menjadikannya sebagai pertimbangan kapan usia aki akan habis. Sebenarnya dalam membaca kode aki itu sangat mudah. Anda hanya perlu mengetahui bahwa merk aki memiliki standarisasi penamaan, yaitu standar Jepang atau JIS dan juga Jerman atau DIN.

BACA JUGA:Bakalan Dirombak Besar-Besaran, Seperti Apa Tampilan WhatsApp Terbaru?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: