Suka Terlambat Karena Motor Sulit Dinyalakan di Pagi Hari? Kenali 8 Faktor Penyebabnya

Suka Terlambat Karena Motor Sulit Dinyalakan di Pagi Hari? Kenali 8 Faktor Penyebabnya

Penyebab motor sulit dinyalakan di pagi hari -Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pernahkan kamu mengalami kejadian di mana motor sulit dinyalakan saat hendak pergi ke kantor di pagi hari. Nah, sulitnya motor dinyalakan di pagi hari bisa menjadi sumber frustrasi dan menyebabkan keterlambatan dalam aktivitas sehari-hari.

Jika sudah begitu mau tidak mau motor harus di perbaiki terlebih dahulu. Motor yang sulit dinyalakan di pagi hari bukan tanpa sebab, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan masalah ini terjadi. 

Oleh karena itu, artikel ini akan memberikan informasi mengenai penyebab sulitnya motor dinyalakan di pagi hari. Berikut penyebabnya.

1. Sistem Pengapian yang Lemah

Salah satu alasan umum mengapa motor sulit dinyalakan di pagi hari adalah sistem pengapian yang lemah. Komponen seperti busi, koil pengapian, atau kabel pengapian mungkin sudah mengalami keausan atau kerusakan.

BACA JUGA:Intip 5 Keunggulan Lexux LBX, Pesaing Toyota Yaris Cross Versi Premium di Pasar Otomotif

Ketika suhu udara di pagi hari lebih dingin, kekuatan percikan api dari busi dapat menjadi lebih lemah, membuat motor kesulitan untuk dinyalakan.

2. Masalah Pada Sistem Starter

Sistem starter adalah komponen penting dalam proses menyalakan motor. Ketika sistem starter mengalami kerusakan, motor dapat kesulitan untuk dihidupkan, terutama di pagi hari.

Salah satu masalah umum adalah gigi starter yang aus atau solenoid starter yang rusak. Jika gigi starter tidak dapat berinteraksi dengan roda gigi mesin dengan sempurna, maka motor akan kesulitan untuk dinyalakan.

3. Bahan Bakar yang Kurang Baik

Kualitas bahan bakar juga dapat mempengaruhi kemudahan menyalakan motor di pagi hari. Bahan bakar yang kotor atau bercampur dengan air dapat menyebabkan masalah pada saluran bahan bakar, injektor, atau karburator.

BACA JUGA:Ini Penyebab Kaca Mobil Tidak Bisa Naik dan Cara Mengatasinya

Hal ini dapat mengganggu aliran bahan bakar yang tepat ke mesin, membuat motor sulit untuk dinyalakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: