Jangan Salah! Begini Cara Membaca Kode Aki Mobil dengan Benar

Jangan Salah! Begini Cara Membaca Kode Aki Mobil dengan Benar

Dengan membaca kode aki, Anda akan tahu apakah aki tersebut sudah melebihi masa atau masih lama.--

Sementara itu, cara membaca kode aki B5 adalah waktu untuk shift yang bekerja dan K menjadi lokasi pabrik di Karawang.

Ada juga angka 20150 yang berarti line nomor line yang bekerja ketika produksi aki terjadi. Pada umumnya, bulan Januari hingga September akan menggunakan angka 1-9. Sedangkan untuk bulan Oktober sampai Desember, akan menggunakan kode huruf A hingga C.

BACA JUGA:Tambahan Uang Jajan! Ambil Saldo DANA Rp100.000, Klik Link Dana Kaget Hari Ini 3 September 2023 

Membaca Kode Aki Incoe

Selain dua aki diatas, ada jua aki Incoe. Cara membaca kode aki Incoe ini sebenarnya mirip seperti aki dari GS Astra. Anda akan menemukan kode 21067C4K. Artinya, 21 tanggal pembuatan, 5 bulan Juni, dan 7 tahun 2017. Pada kode C adalah waku shift karyawan yang bekerja dan K adalah pabrik yang memproduksi aki berada di Karawang.

Bagaimana Tips Merawat Aki Agar Awet?

Mengetahui cara membaca kode aki di atas berguna untuk motor dan mobil. Biasanya, ketahanan aki akan tergantung dengan pemakaian. Aki bisa bertahan lebih lama maupun lebih cepat, sesuai dengan bagaimana Anda merawatnya. Ada beberapa cara merawat aki agar lebih awet.

BACA JUGA:Cara Belanja di TikTok Shop COD dan Cara Mengaktifkan Fitur COD Bagi Penjual

Cara pertama adalah memantau volume dari listrik aki. Ketika cadangan dari listrik aki menipis, maka mobil akan sulit menyala. Kemudian, Anda juga perlu melakukan servis secara berkala. Dengan service berkala, maka aki tidak akan mudah retakan, kerak, hingga bagian kabelnya terkelupas. Membuat aki mobil semakin awet selain dengan memperhatikan cara membaca kode aki adalah selalu memanaskan kendaraan.

Meski kendaraan sedang tidak dipakai, sebaiknya tetap rutin memanaskan kendaraan. Hal ini akan mencegah aki cepat soak.Memanaskan kendaraan juga tidak perlu terlalu lama, Anda hanya perlu memanaskannya sekitar 5 sampai 10 menit per hari. Setidaknya, pastikan bahwa mesin kendaraan sudah panas.

Ketika Anda ingin mematikan mobil, perhatikan perangkat elektronik yang ada di mobil terlebih dahulu. Pastikan perangkat elektronik tersebut mati. Fungsi mematikan semua perangkat elektronik mobil sebelum mematikan mesin adalah agar aki hanya akan fokus pada starter mobil ketika dihidupkan.

BACA JUGA:Amalkan Doa Pendek ini Berkali-kali, Ustadz Adi Hidayat: Rezeki Bakal Datang Tak Terduga

Anda juga perlu memperhatikan kabel aki. Sebaiknya lepas terlebih dahulu kabel aki jika kendaraan sedang tidak Anda gunakan. Melepas kabel aki ini bertujuan untuk menghindari adanya aliran listrik yang ada secara terus-menerus dan berpotensi membuat aki cepat soak.

Dengan demikian, aki akan berumur lebih panjang. Anda jadi tidak perlu mengganti aki terlalu sering dan menghabiskan biaya yang besar. Selain itu, mengganti aki dengan terlalu sering juga akan menghabiskan waktu dan tenaga. Oleh karena itu, wajib melakukan langkah menghemat aki seperti di atas.

Mengganti Aki dengan Rutin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: