Waspada Risiko Kecelakaan, Berikut 7 Ciri Ban Mobil yang Harus Diganti

Waspada Risiko Kecelakaan, Berikut 7 Ciri Ban Mobil yang Harus Diganti

Ciri ban mobil yang harus di ganti -Pinterest -

Ban yang sudah botak dan aus menjadi ciri-ciri ban yang suda tidak layak untuk digunakan. Seiring pemakaiannya, ban mobil akan mengalami pengikisan sehingga ban menjadi semakin tipis dan kehilangan alur yang sempurna. 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ban yang aus atau sudah botak akan membahayakan pengendara ataupun orang lain. Jadi, jika ban mobil Anda sudah aus maka Anda wajib untuk segera menggantinya.

BACA JUGA:Sangat Mudah! Tips Jitu Cara Merawat Mobil di Rumah

3. Ban sudah sering ditambal

Apakah kamu termasuk orang yang belakangan ini suka sekali tambal ban? Jika ya, kondisi tersebut menjadi tanda jika ban mobil harus segera di ganti. 

Ban yang sudah sering ditambal juga menjadi ciri-ciri ban mobil harus diganti. Ketika ban sudah sering ditambal, hal tersebut dapat menjadi pertanda bahwa ban sudah tidak dalam kondisi yang prima. 

Selain itu, kondisi ban juga sudah memiliki banyak tambalan sehingga performanya tidak lagi optimal. Jika dipaksa untuk tetap digunakan, maka dapat membahayakan pengendara mobil itu sendiri.

4. Ketebalan tapak ban mencapai batas Tread Wear Indicator

Sebenarnya setiap produsen ban mobil telah menyediakan Tread Wear Indicator (TWI) berbentuk segitiga pada dinding ban. Tanda tersebut bisa Anda gunakan untuk mengetahui apakah ban mobil tersebut masih layak pakai atau sudah harus segera diganti.

BACA JUGA:Begini Cara Membersihkan Jok Mobil Kulit Sintetis dengan Tepat

Untuk mengetahuinya, Anda harus menemukan indikator TWI berbentuk segitiga terlebih dahulu pada dinding ban mobil. Setelah menemukannya, perhatikan TWI tersebut secara seksama. 

Jika ketebalan alur atau kembang ban sudah menyentuh atau sampai mengenai batas TWI tersebut, maka itu berarti ban sudah mencapai batas aus dan harus segera diganti.

5. Ban sudah digunakan untuk menempuh jarak 40.000 km

Ciri selanjutnya Anda bisa lihat pada jarak tempuh kendaraan. Meskipun ban mobil memiliki usia masih di bawah 3 tahun, namun ketika mobil sudah digunakan untuk menempuh jarak yang cukup jauh mencapai 40.000 km, maka Anda perlu mempertimbangkan untuk menggunakan ban baru. 

Ban mobil berusia di bawah 3 tahun memang umumnya masih memiliki kelenturan yang cukup baik, tetapi ketika ban sudah digunakan untuk menempuh jarak lebih dari 40.000 km bisanya kondisi ban sudah mulai aus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: