Begini Tips dan Cara Mencegah Ban Mobil Pecah Saat di Perjalanan

Begini Tips dan Cara Mencegah Ban Mobil Pecah Saat di Perjalanan

Tips Mencegah ban pecah saat perjalan -Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Saat melakukan perjalanan menggunakan kendaraan roda empat, ada baiknya untuk memperhatikan kondisi mobil termasuk bagian ban.

Ban mobil bersentuhan dengan aspal dan memiliki fungsi meredam getaran. Seiring dengan penggunaan, ban mengalami keausan. Jika dibiarkan, ban bisa saja pecah di jalan. Berikut merupakan tips mencegah Ban mobil pecah di jalan.

1. Periksa Kondisi Fisik Ban Mobil

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk mencegah ban mobil pecah saat diperjalanan adalah memeriksa kondiri fisik mobil. Ban merupakan komponen yang bergesekan dengan aspal ketika dibawa berkendara. 

Kondisi jalanan yang berbeda-beda membuat karet ban aus atau tipis dengan cepat. Jika Anda menghiraukan pengecekan, kondisi ban akan retak dan mudah pecah. 

BACA JUGA:Ini Dia Tips dan Cara Ampuh Menghilangkan Karat pada Pelek Motor

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengecek kondisi fisik ban secara berkala. Selain itu, perhatikan juga bagian alur ban dan pastikan tidak ada batu atau kerikil yang terselip. 

Pastikan juga tidak ada benda tajam yang menempel pada ban mobil. Apabila kondisi ban sudah rusak dan tidak layak, segera mengganti ban baru.

2. Cek Tekanan Udara Ban Secara Berkala

Jarang dibaikan oleh pengemudi, penyebab utama dari ban pecah adalah tekanan udara yang tidak sesuai. Ketika mobil melaju di atas beton atau aspal bersuhu tinggi, karet ban mobil akan memuai. 

Apabila tekanan ban terlalu tinggi atau terlalu rendah, maka ban berisiko pecah. Oleh karena itu, pengecekan tekanan udara pada ban secara berkala sangat disarankan. Periksa tekanan ban menggunakan alat pengukur tekanan. 

Tekanan ban yang tepat dapat mengurangi risiko ban pecah dan mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar, stabilitas saat menyetir, serta cengkraman ban.

BACA JUGA:Agar Hajat Besar Cepat Dikabulkan, Ustaz Adi Hidayat Bagikan Rumusnya

3. Hindari Medan Jalanan yang Rusak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: