Sangat Mudah! Tips Jitu Cara Merawat Mobil di Rumah

Sangat Mudah! Tips Jitu Cara Merawat Mobil di Rumah

Buat kamu yang ingin melakukan perawatan mobil di rumah, tentunya kamu perlu alat-alat pembersih mobil untuk memudahkan kamu merawatnya.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sebagai pemilik mobil, tentu kamu ingin agar mobil kamu selalu dalam kondisi yang baik dan terjaga kebersihannya. Banyak yang berpikir bahwa merawat mobil merupakan hal yang sulit. Padahal, perawatan mobil sebenarnya tidak sesulit yang orang-orang bayangkan. Setidaknya ada sembilan cara merawat mobil yang bisa kamu terapkan.

BACA JUGA:Variasi Foreplay! Dari Berciuman hingga Mandi Kucing

Agar lebih maksimal, kita memang disarankan untuk melakukan service mobil secara rutin. Tetapi untuk membuatnya lebih awet, kamu juga bisa merawat mobil sendiri di rumah dan caranya cukup sederhana. Dengan demikian, mobil kamu pun akan lebih terawat dan tahan lama.

Cara Perawatan Mobil Sederhana di Rumah
Kalau kamu sedang di rumah, kamu bisa menggunakan waktu luang kamu untuk merawat mobil. Cara-caranya pun juga cukup mudah jadi kamu tidak perlu khawatir. Beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan adalah:

BACA JUGA:Inilah 10 Kelainan Seksual Beserta Cara Mengatasinya

1. Panaskan Mesin
Tips yang pertama ini ditujukan untuk kamu yang tidak terlalu sering menggunakan mobil. Karena kamu tidak sering menggunakannya, mesin mobil perlu dipanaskan secara berkala, setidaknya beberapa hari sekali. Hal ini dilakukan agar mesin mobil selalu terlumasi dengan baik. Memanaskan mobil juga dilakukan untuk memastikan keadaan mobil masih dalam kondisi yang baik. Saat memanaskannya, perhatikan suara dan getaran yang timbul saat mobil dipanaskan dan perhatikan ada yang janggal atau tidak.

2. Periksa Kebersihan Mesin
Ruang mesin mobil memang dilindungi oleh kap mesin. Tetapi ini tidak menutup kemungkinan adanya benda asing atau kotoran untuk masuk ke ruang mesin. Maka dari itu kamu perlu mengecek kebersihan ruang mesin untuk melihat apakah ada sampah-sampah seperti daun kering, kotoran hewan, atau sampah lainnya yang masuk ke dalam kap mesin. Jika dibiarkan, ruang mesin bisa menjadi kotor dan ini bisa berdampak buruk terhadap kinerja dan keamanan mesin.

BACA JUGA:Masokis! Bentuk Penyimpangan Seksual yang Berbahaya

3. Periksa Bagian Bawah Mobil
Perawatan mobil perlu dilakukan secara menyeluruh, termasuk bagian bawahnya. Bagian bawah mobil seringkali terlewatkan dan jarang diperhatikan. Salah satu cara mudah yang bisa kamu lakukan adalah mengecek lantai dimana mobil kamu sering parkir. Pastikan tidak ada cairan-cairan seperti minyak rem, pelumas mesin, radiator coolant, atau cairan lainnya yang menetes ke lantai.Jika kamu menemukan ada cairan yang menetes di bawah mobil, pastikan dulu jenis cairan tersebut. Kalau kamu kurang tahu, kamu bisa membawanya ke bengkel dan tanya ke pihak bengkel.

4. Rotasikan Ban
Mobil yang diparkir terlalu lama akan membuat permukaan ban rata hanya pada satu sisi saja. Maka dari itu, kamu perlu merotasikan ban secara rutin dan cara yang paling mudah untuk melakukannya adalah dengan menggunakan mobil kamu. Kamu tidak perlu menggunakannya jauh-jauh. Cukup gunakan mobil kamu di sekitar lingkungan tempat tinggal kamu juga sudah cukup. Yang penting mobil tidak dibiarkan diam terlalu lama.

BACA JUGA:Tips Memilih Kontrasepsi yang Aman untuk Ibu Menyusui

5. Perhatikan Lokasi Parkir
Kamu juga perlu memperhatikan lokasi parkir mobil kamu dan pastikan mobil terparkir di tempat yang aman. Hindari memarkirkan mobil di bawah pohon. Meskipun teduh, mobil bisa terkena getah atau ranting yang jatuh dan ini bisa menimbulkan lecet pada cat mobil. Cuaca yang sangat buruk pun seperti badai bisa membuat pohon jatuh.

6. Cuci Bagian Luar Mobil
Mencuci mobil pun juga bisa menjadi cara mudah untuk merawat mobil kamu, terutama bagian luarnya. Jika kamu mencucinya dengan rutin, mobil kamu akan selalu dalam keadaan bersih.

7. Jaga Kebersihan Bagian Dalam Mobil
Selain bagian luar, bagian dalam mobil juga perlu dibersihkan secara rutin dengan menggunakan vacuum cleaner. Agar lebih maksimal, kamu juga bisa menyemprotkan cairan disinfektan pada bagian dalam mobil setelah kamu bepergian.

BACA JUGA:Cegah Kehamilan secara Permanen dengan KB Steril

8. Pastikan Bahan Bakar Selalu Cukup
Pastikan mobil kamu memiliki bahan bakar yang cukup. Kamu perlu mengisinya minimal setengah dari kapasitas penuh tangki mobil. Hal ini pun juga perlu kamu lakukan meskipun kamu hanya membiarkannya diam di dalam rumah. Jadi kapanpun kamu ingin menggunakannya, mobil kamu memiliki bahan bakar yang cukup untuk perjalanan kamu.

Buat kamu yang ingin melakukan perawatan mobil di rumah, tentunya kamu perlu alat-alat pembersih mobil untuk memudahkan kamu merawatnya. Kamu juga tidak perlu membeli peralatan-peralatan yang mahal, yang penting cukup berkualitas. Beberapa peralatan kebersihan untuk membersihkan mobil diantaranya adalah:

BACA JUGA:Ini Dia Berbagai Risiko Tubektomi bagi Wanita

Penghisap debu atau vacuum cleaner
Sikat pembersih
Lap pembersih
Sabun mobil
Spray pembersih jok
Cairan disinfektan
Selang

Itulah beberapa cara merawat mobil yang bisa kamu lakukan dengan mudah di rumah. Lengkapi juga peralatan kebersihan kamu agar mobil bisa dibersihkan dengan baik.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: