5 Manfaat Daun Kenikir, Dapat Membantu Terhindar Sekaligus Mengobati Penyakit Mematikan

 5 Manfaat Daun Kenikir, Dapat Membantu Terhindar Sekaligus Mengobati Penyakit Mematikan

Daun kenikir memiliki nama latin Cosmos caudatus yang dianggap sebagai salah satu makanan sehat karena mengandung sejumlah nutrisi di dalamnya-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pecinta lalapan pasti tahu dengan yang namanya daun kenikir. Tak hanya dikonsumsi sebagai lalapan, kenikir memiliki beragam manfaat daun kenikir bagi kesehatan.

Daun ini bahkan diduga dapat mencegah penyakit tertentu, seperti hipertensi dan diabetes. Daun kenikir sebenarnya merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Latin, tetapi juga bisa ditemukan di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Daun kenikir memiliki nama latin Cosmos caudatus yang dianggap sebagai salah satu makanan sehat karena mengandung sejumlah nutrisi di dalamnya. Selain sebagai makanan, tanaman ini juga dianggap memiliki manfaat bagi kesehatan. 

Lantas, apa saja manfaat daun kenikir untuk kesehatan? Yuk, cari tahu jawabannya dengan menyimak ulasan di bawah ini.

BACA JUGA:Ingin Wajah Glowing Tanpa Flek Hitam, dr Zaidul Akbar Bagikan Resep Menggunakan 2 Bahan Ini

Manfaat Daun Kenikir Untuk Kesehatan

Daun kenikir mengandung beragam nutrisi, seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin B, dan vitamin C. Daun ini juga diketahui kaya akan kandungan mineral, seperti kalium, fosfor, kalsium, magnesium, zat besi, seng, tembaga, dan natrium.

Selain berbagai nutrisi di atas, daun kenikir juga mengandung senyawa aktif quercetin, asam fenolat, flavonoid, dan asam klorogenat. Semua senyawa tersebut memiliki sifat antioksidan dan antiradang.

Dengan banyaknya kandungan nutrisi di dalam daun kenikir, tak heran jika tanaman ini dipercaya memiliki beragam khasiat untuk menunjang kesehatan tubuh. Beberapa manfaat daun kenikir meliputi:

BACA JUGA:Mengenal 10 Manfaat Tanaman Adas untuk Kesehatan Tubuh

1. Mencegah dan mengobati diabetes

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, jika kenikir memiliki manfaat kesehatan untuk penderita diabetes. Bagaimana tidak, daun kenikir yang paling dikenal adalah mengobati dan mencegah penyakit diabetes tipe 2.

Diabetes tipe 2 terjadi ketika kadar gula darah terlalu tinggi di dalam tubuh karena insulin tidak dapat bekerja dengan efektif. Beberapa penelitian menemukan bahwa daun kenikir bisa memperbaiki kinerja insulin dalam tubuh dan mengurangi penyerapan glukosa berlebih dalam sistem pencernaan, sehingga kadar gula darah pun dapat terkendali.

2. Menjaga Kesehatan Tekanan Darah  dan Jantung 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: