5 Manfaat Daun Kenikir, Dapat Membantu Terhindar Sekaligus Mengobati Penyakit Mematikan

 5 Manfaat Daun Kenikir, Dapat Membantu Terhindar Sekaligus Mengobati Penyakit Mematikan

Daun kenikir memiliki nama latin Cosmos caudatus yang dianggap sebagai salah satu makanan sehat karena mengandung sejumlah nutrisi di dalamnya-Pinterest -

Selain dapat membantu menurunkan gula darah, manfaat daun kenikir selanjutnya adalah menurunkan tekanan darah. Daun kenikir memiliki efek diuretik yang mampu menurunkan tekanan darah.

Dikenal dapat menurunkan tekanan darah, manfaat daun kenikir juga dapat memelihara kesehatan jantung. Hal ini karena kandungan antioksidan dan antiradang di dalamnya yang dapat mencegah kerusakan sel akibat bahaya radikal bebas, sehingga bisa mengurangi risiko berbagai penyakit kronis, termasuk penyakit jantung.

BACA JUGA:Apa itu Patikan Kebo? Kenali Ragam Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh

3. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Dalam daun kenikir terdapat kandungan antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan ini dipercaya dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

Namun, belum ada penelitian medis yang bisa membuktikan bahwa daun kenikir efektif sebagai pengobatan kanker.

4. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat daun kenikir selanjutnya adalah memelihara kesehatan jantung. Hal ini karena kandungan antioksidan dan antiradang di dalamnya yang dapat mencegah kerusakan sel akibat bahaya radikal bebas, sehingga bisa mengurangi niko berbagai penyakit kronis, termasuk penyakit jantung.

Namun, mash diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat daun kenikir untuk mencegah penyakit jantung.

BACA JUGA:Agar Awet Muda, Bebas Kanker, Darah Tinggi, dan Kolesterol, dr Zaidul Akbar Sarankan Konsumsi Ini

5. Mencegah osteoporosis

Daun kenikir memiliki efek yang baik dalam merangsang pembentukan tulang, meningkatkan kekuatan tulang, dan mencegah tulang keropos atau osteoporosis.

Hal ini karena kandungan antioksidan yang tinggi dan kalsium yang terdapat di dalamnya. Akan tetapi, studi tersebut baru sebatas pada studi penelitian pada hewan percobaan di laboratorium.

Sejauh ini, belum ada riset klinis yang mendukung klaim bahwa daun kenikir bermanfaat sebagai obat atau suplemen yang efektif untuk mencegah osteoporosis.

Itulah manfaat daun kenikir untuk untuk kesehatan. Dengan mengonsumsi kenikir menjadi lalapan yang dikonsumsi sehari-hari, Anda akan merasakan mantaatnya untuk kesehatan dalam jangka panjang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: