Jangan Dianggap Sepele, Begini Cara Membuat Susu Formula yang Benar

Jangan Dianggap Sepele, Begini Cara Membuat Susu Formula yang Benar

Membuat susu formula adalah dengan membersihkan tangan-Pinterest -

Mendinginkan air sampai dengan suhu 70 derajat celcius ternyata ada tujuannya, lho! Tujuannya adalah membunuh bakteri cronobacter atau salmonella yang bisa saja ada di dalam bubuk susu formula dan tak sampai merusak kandungan gizi yang ada di dalamnya.

Setelah itu, baca dan ikutilah panduan pada kemasan susu formula. Kamu bisa menyesuaikan juga takaran bubuk susu formula dan air yang diperlukan bayi pada usia tertentu. 

Hal ini juga bisa jadi berbeda berdasarkan susu formula yang dikonsumsi oleh setiap pabrik. Cek juga ketinggian air sudah benar. 

BACA JUGA:Hilangkan Jerawat, Intip Manfaat Kunyit Putih Rempah Tradisonal Asal India

  • Pasangkan dot ke botol

Pemasangan dot pada botol juga menjadi hal penting untuk menjaga kestrerilan susu. Kamu bisa melakukan hal yang satu ini sesegera mungkin setelah menuangkan susu formula ke botol.

Kalau sudah, pastikan pemasangannya dilakukan dengan tepat dan tidak longgar.

Setelah cara di atas selesai kamu bisa mengocok botol hingga seluruh bubuk susu formula larut dengan sempurna. Kamu penting melakukan hal ini supaya nggak ada bubuk susu formula yang mengendap dan nantinya justru nggak akan bisa diminum oleh bayi. 

Di samping itu, kamu juga bisa melakukan hal ini supaya takaran susu formula yang diberikan untuk bayi pun akan pas.

BACA JUGA:Bisa Sesak Nafas, Begini Bahaya Apabila Konsumsi Gluten Berlebih

  • Dinginkan botol susu bayi

Kalau bubuk susu formula bayi sudah larut, kamu bisa mendinginkan terlebih dahulu botol susu. Pada umumnya, susu formula bayi yang baru dibuat akan memiliki suhu panas. 

Hal ini membuat bayi nggak bisa mengonsumsinya dan merasa nggak nyaman. Untuk itu, kamu bisa mendinginkannya sampai sedikit lebih hangat. Dengan begitu, susu formula ini bisa diminum oleh si kecil.

Jika kamu ingin membuat botol susu lebih cepat dingin, maka letakkan saja produk ini selama beberapa detik di bawah air dingin yang mengalir. C

ara ini sudah banyak dan sering digunakan. Dengan begitu, kamu juga bisa segera memberikan susu untuk si kecil demi memenuhi kebutuhan fisiknya secara optimal.

BACA JUGA:Hanya Bumbu Masakan, Ini Manfaat Kencur untuk Kesehatan: Rahasia Para Penyanyi Profesional

  • Cek suhu botol susu bayi

Cara membuat susu formula yang benar selanjutnya yaitu mengecek dan memastikan suhu botolnya nggak terlalu panas dan sudah hangat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: