Jangan Dianggap Sepele, Begini Cara Membuat Susu Formula yang Benar

Jangan Dianggap Sepele, Begini Cara Membuat Susu Formula yang Benar

Membuat susu formula adalah dengan membersihkan tangan-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Mungkin sebagian bunda yang ada di rumah belum banyak mengetahui cara memebuat susu formula yang tepat. Bagaimana bisa, ada banyak bayi yang membutuhkan susu formula untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada tubuhnya. 

Untuk itu, kamu bisa membuatkan susu formula untuknya dengan tepat. Tapi, kamu tak bisa asal dalam melakukan hal ini supaya bisa memenuhi kebutuhan bayi dengan baik. 

Di samping itu, ada juga beberapa langkah yang penting untuk kamu lakukan dengan benar. Lantas, bagaimana cara membuat susu formula yang benar? Simak dulu yuk cara membuat susu formula yang benar di bawah ini!

BACA JUGA:10 Manfaat Kol Ungu Untuk Kesehatan: Bantu Turunkan Berat Badan Hingga Kurangi Risiko Kanker

  • Bersihkan tangan

Hal yang paling utama adalah memperhatikan kebersihan sebelum membuat susu, baik kebersihan tangan dan area sekitar.

Oleh karena itu, untuk membuat susu formula adalah dengan membersihkan tangan terlebih dahulu. Kamu bisa melakukan ini dengan menggunakan sabun pembersih tangan. 

Selain itu, kamu juga bisa memastikan peralatan pembuatan susu juga bersih sekaligus steril. Hal ini akan membantu mencegah kemungkinan terjadinya infeksi pada si kecil setelah mengonsumsi susu formula.

  • Strerilisasi Botol Susu

Sebelum digunakan untuk menjadi tempat susu, botol susu harus dipastikan bersih dan streril. Kalau sudah melalui proses sterilisasi, semua perlengkapan pembuatan susu bayi sudah siap untuk kamu gunakan. 

Kalau masih belum, maka kamu perlu melakukan proses sterilisasi terlebih dahulu supaya kuman dan bakteri yang ada pada perlengkapan pembuatan susu bisa mati.

Proses sterilisasi botol susu bayi bisa kamu lakukan dengan 2 cara. Kamu bisa menggunakan metode perebusan sebagai cara lama. 

Kalau mau yang kekinian dan lebih praktis, kamu bisa memanfaatkan metode sterilisasi uap dengan menggunakan peralatan yang disediakan. Keduanya sama bagus dan kamu pun perlu memilihnya secara tepat.

BACA JUGA:Hanya Dioles, Inilah 4 Obat Alami Atasi Sariawan Pada Bayi

  • Tuang air panas dan susu formula ke botol

Cara selanjutnya, jika semua sudah dipersiapkan, kamu bisa memasukkan terlebih dahulu air panas ke botol susu. Caranya, terlebih dahulu kamu bisa merebus air  sampai dengan mendidih. 

Setelah itu, biarkan dingin selama beberapa saat sampai suhu airnya mencapai sekitar 70 derajat Celcius. Hal seperti ini penting dan perlu kamu lakukan dengan tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: