Bisa Sesak Nafas, Begini Bahaya Apabila Konsumsi Gluten Berlebih

Bisa Sesak Nafas, Begini Bahaya Apabila Konsumsi Gluten Berlebih

Gluten dapat menyebabkan gizi buruk dan mengganggu fungsi organ tubuh-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Gluten adalah protein yang ditemukan pada padi-padian dan serealia, gandum, gandum hitam (rye), jelai (barley) dan triticale.

Gluten terkandung pada makanan yang mengandung tepung gandum seperti roti gandum. Gluten berfungsi untuk membentuk jaringan lengket yang mengikat molekul-molekul penyusun suatu makanan.

Jadi, saat Anda mencampur tepung dengan air, gluten inilah yang membuat adonan menjadi elastis, mengembangkan adonan ketika dipanggang, dan memberikan tekstur kenyal pada makanan.

Meskipun gluten aman dikonsumsi dalam batas wajar, beberapa orang perlu berhati-hati. Bagi orang dengan kondisi tertentu, konsumsi gluten berlebihan dapat menimbulkan efek samping. 

BACA JUGA:Apa Itu Bawang Lanang? Simak Juga Manfaat Jika Konsumsi Bawang Lanang untuk Kesehatan

Bahaya Konsumsi Gluten Berlebih

Dikutip dari laman tirto.id ada sejumlah dampak penyakit yang diakibatkan jika mengonsumsi gluten secara berlebih. Adapun dampak jika tubuh mengonsumsi gluten secara belebih sebagai berikut.

1. Gangguan Pencernaan

Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gluten dapat mengganggu pencernaan. 

Peptida yang terdapat dalam gluten dapat menyebabkan masalah pencernaan bagi beberapa orang. Bahaya gluten adalah dapat menyebabkan peradangan dan kerusakan pada usus halus, yang dapat menyebabkan diare.

2. Risiko Gizi Buruk dan Gangguan Fungsi Organ

Bahaya gluten juga termasuk menyebabkan gizi buruk dan mengganggu fungsi organ tubuh. Gluten tidak mengandung banyak nutrisi penting sehingga mengonsumsinya berlebihan dapat menyebabkan kekurangan gizi.

Hal ini dapat berakibat pada gizi buruk, yang ditandai dengan kelelahan, anemia, dan penurunan berat badan.

Kerusakan usus halus akibat konsumsi gluten berlebihan pada orang dengan penyakit celiac dapat mengganggu penyerapan nutrisi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: