Doyan dan Sering Makan Kacang Mete? Ini Kalori Kacang Mete Sebenarnya!

Doyan dan Sering Makan Kacang Mete? Ini Kalori Kacang Mete Sebenarnya!

Kacang mete kaya akan antioksidan dan bertindak sebagai kofaktor bagi banyak enzim, membantu tubuh menggunakan zat besi dengan benar dan melawan efek berbahaya dari radikal bebas. --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kamu suka makan kacang mete? Jika iya, kamu mungkin salah satu dari sekian banyak orang yang mengkonsumsi kacang mete dalam berbagai bentuk, baik yang telah dicampur dengan coklat, biskuit, atau tidak campur dengan apa pun sama sekali.

Namun bagi kamu yang sedang berada dalam program penurunan berat badan, kamu mungkin bertanya-tanya apakah kamu tetap bisa mengkonsumsi kacang mete. Karena itu, kamu harus tahu berapa kalori kacang mete. Nah, agar lebih jelas, yuk simak informasi detail tentang kalori kacang mete dalam artikel ini!

BACA JUGA:Ini Dia Manfaat Olahraga Malam yang Perlu Kamu Ketahui

Apa itu kacang mete?
kacang mete sebenarnya bukanlah jenis kacang-kacangan. kacang mete merupakan biji jambu mete. Buah ini panjangnya sekitar 5 cm dan ujung buahnya berbentuk seperti kacang yang melengkung dan runcing. Ujung buah yang runcing dan melengkung itulah yang sering dibuat menjadi kacang mete. Saat matang, bijinya dipisahkan dari buahnya dan dikeringkan.

kacang mete kerap dijadikan sebagai camilan lezat yang rasanya asin, sedikit manis, dan renyah. Rasanya yang menarik ini membuat kacang mete menjadi favorit banyak orang. Tidak hanya enak sebagai camilan, kacang mete juga menawarkan sejumlah manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh.

Kandungan dan kalori kacang mete
Kalori kacang mete di setiap 100 gramnya adalah 616 kalori. Menurut Data Komposisi Pangan Indonesia (DKPI), kandungan kacang mete seberat 100 gram sangatlah beragam. Beberapa kandungan nutrisi tersebut seperti:

BACA JUGA:Kantor BKD Benteng Turut Digeledah Polisi Terkait Dugaan Korupsi Pembangunan Puskeswan

- 4,6 gram air
- 16,3 gram protein
- 48,4 gram lemak
- 28,7 gram karbohidrat
- 0,9 gram serat
- 26 miligram kalsium
- 521 miligram fosfor
- 3,8 milligram zat besi
- 26 miligram natrium
- 692 miligram kalium
- 4,7 miligram tembaga
- 4,1 milligram zinc
- 5 mikrogram beta karoten
- 0,64 milligram vitamin B1
- 0,03 milligram vitamin B2
- 0,0 milligram vitamin B3

Nah, karena kalori kacang mete yang tinggi, kamu harus membatasi konsumsi makanan yang satu ini jika ingin menurunkan berat badan ya!

BACA JUGA:KPU Kota Bengkulu Mulai Buka Pendaftaran PPK Pilkada

Manfaat kacang mete untuk kesehatan
Meskipun kalori kacang mete cukup tinggi, ada beberapa Manfaat kacang mete yang bisa kamu dapatkan, di antaranya:

BACA JUGA:Adik Kandung Destita Maju Pilbup Seluma, Ambil Formulir Parpol PDIP dan PAN

1. Menurunkan kadar kolesterol jahat
Kacang mete mengandung asam lemak tak jenuh tunggal (MUFA) yang tinggi, seperti asam oleat dan asam palmitoleat. Asam lemak esensial ini telah terbukti efektif dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah.

2. Melawan sel kanker
Berbagai penelitian menunjukkan bahwa kacang mete memiliki kandungan senyawa antioksidan seperti proanthocyanidins, cardol, asam anakardat, dan cardanol yang telah diuji untuk melawan pertumbuhan sel kanker dan tumor.

3. Menyehatkan jantung
Konsumsi kacang mete diperlukan untuk membantu tubuh menyerap vitamin A, D, E dan vitamin K yang larut dalam lemak. Nah, asam lemak tak jenuh tunggal (MUFA) dan asam lemak tak jenuh ganda (PUFA) dalam kacang mete tidak hanya mampu menurunkan kolesterol jahat dalam darah, tetapi juga membantu menjaga kesehatan jantung jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat.

BACA JUGA:Penyidik Polda Angkut 1 Box Kontainer Dokumen di Dispertan Benteng

4. Menyehatkan rambut
Kamu mau punya rambut hitam berkilau yang sehat? Cobalah makan kacang mete setiap hari. Kacang mete mengandung mineral tembaga yang membantu membuat rambut hitam sehat, berkilau, dan tebal.

5. Menjaga kesehatan tulang
Salah satu cara untuk membantu menjaga kesehatan tulang adalah dengan mengonsumsi kacang mete secara rutin setiap hari. Kacang mete kaya akan beberapa mineral penting untuk tulang, seperti magnesium, kalsium, fosfor, tembaga, dan seng. Semua kandungan tersebut telah terbukti dapat mencegah berbagai kondisi kesehatan tulang, termasuk osteoporosis.

6. Kaya akan Antioksidan
Kacang mete kaya akan antioksidan dan bertindak sebagai kofaktor bagi banyak enzim, membantu tubuh menggunakan zat besi dengan benar dan melawan efek berbahaya dari radikal bebas. Selain itu, manfaat kacang mete juga dirasakan oleh ibu hamil yang dapat terhindar dari preeklampsia dan eklampsia yang berbahaya bagi ibu hamil dan janinnya.

BACA JUGA:Kantor Dispertan Benteng Digeledah Polisi, Usut Dugaan Korupsi Pembangunan Puskeswan

7. Memperkuat imun tubuh
Kacang mete mengandung seng, yaitu zat yang berperan penting dalam sintesis protein, penyembuhan luka, dan memperkuat sistem imun tubuh terhadap infeksi virus dan bakteri. Untuk bayi yang masih dalam kandungan, seng sangat dibutuhkan untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan otak bayi.

8. Memperlancar pencernaan
Kacang mete juga mengandung serat makanan yang cukup tinggi. Serat makanan ini dapat membantu memperlancar proses pencernaan hingga mencegah berbagai gangguan pencernaan, seperti sembelit.

Nah, Itu tadi manfaat dari kacang mete. Ternyata ada banyak manfaatnya untuk tubuh, ya? Kamu bisa mengonsumsinya secara wajar untuk mendapatkan manfaat secara optimal. Seperti diketahui, kalori kacang mete cukup tinggi. Sehingga kamu perlu mengonsumsinya secara bijak, supaya tidak berlebihan.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: