10 Games Seru untuk Acara Kumpul Keluarga Saat Merayakan Lebaran

10 Games Seru untuk Acara Kumpul Keluarga Saat Merayakan Lebaran

manfaatkan waktu yang ada dengan kegiatan seru, menarik, dan tidak terlupakan saat lebaran--

BBENGKULUEKSPRESS.COM - Berkumpul bersama keluarga dan rekan tersayang akan terasa semakin menyenangkan dengan mengadakan games seru. Selain terasa seru, games juga bisa mempersatukan solidaritas dan keharmonis dalam keluarga saat merayakan libur lebaran.

Terlebih lagi jika Anda jarang berkumpul bersama keluarga besar. Maka dari itu, manfaatkan waktu yang ada dengan kegiatan seru, menarik, dan tidak terlupakan saat momen idul fitri.  Artikel kali ini akan memberikan ide 10 games seru untuk acara kumpul keluarga di indoor dan outdoor ini bisa Anda coba ketika lebaran. Apa saja games tersebut? Mari simak kegiatan serunya pada daftar di bawah ini!

BACA JUGA:Ini Dia Ide Buah Tangan untuk Silaturahmi ke Rumah Teman & Saudara

1.Gelinding Botol
Rekomendasi game kekeluargaan yang pertama ini sempat viral beberapa tahun terakhir. Ide game sederhana ini pada dasarnya hanya bermodalkan botol kaca atau plastik dan permukaan yang datar. Nah, yang membuatnya menarik adalah Anda bisa meletakkan berbagai doorprize sebagai penyemangat. Doorprize ini bisa berupa makanan, skincare, hingga uang.

Walaupun terlihat sederhana, ternyata tidak semua orang bisa beruntung memainkan game gelinding botol ini, loh! Permukaan yang licin terkadang membuat botol menggelinding terlalu jauh dari objek yang dituju. Akan tetapi, tentu hal tersebut adalah titik keseruan dan tantangan dari game ini agar bisa meningkatkan kebersamaan dalam keluarga. Permainan ini bisa dilaksanakan di indoor atau outdoor selama memiliki permukaan yang datar. Anda bisa memainkannya di atas lantai, di lapangan, dan sebagainya.

2. Voli Air
Bermain dengan media air akan semakin meningkatkan keseruan acara kumpul keluarga. Anda bisa coba voli air sebagai games keluarga yang seru. Konsep bermain voli air ini hampir sama seperti olahraga voli pada umumnya. Alat yang perlu disiapkan adalah balon berisikan air sebagai bola voli dan 2 buah sarung. Jika sudah siap semua, Anda tinggal membagi 2 tim dengan anggota masing-masing berjumlah 4 orang.

BACA JUGA:Pj Walikota Bengkulu Undang Masyarakat Hadiri Open House Lebaran Selama 2 Hari

Jumlah 4 orang dianggap ideal karena akan memegang setiap ujung kain sarung agar seimbang. Nah, setelah itu, bola voli diletakkan di atas sarung dan dilemparkan ke arah tim lawan. Tantangan dari games voli air ini adalah bola air yang rawan pecah jika sudah jatuh ke lantai atau tanah. Jika tim Anda tidak bisa menangkap bola air dan pecah di tanah, poin akan diberikan kepada tim lawan. Selain menyenangkan, games voli air ini juga sangat cocok menjadi ide kegiatan seru bersama keluarga karena mengajak keluarga untuk berolahraga bersama.

3. Estafet Tepung
Berikutnya, estafet tepung menjadi andalan games yang seru untuk dimainkan bersama keluarga. Peralatan yang dibutuhkan pun sederhana, yaitu kain penutup mata, tepung, dan piring kertas atau plastik.Cara bermainnya juga mudah dan tidak ada aturan yang memberatkan. Anda hanya perlu menyiapkan beberapa kelompok yang memiliki jumlah anggota sama rata.

Setelah itu, setiap anggota dalam kelompok harus ditutup matanya dan duduk memanjang ke belakang. Sambil memegang piring berisikan tepung di atas kepala, setiap anggota bertugas untuk mengopernya ke pemain di belakangnya. Tepung terus dioper hingga pemain terakhir yang berada di paling belakang.

BACA JUGA:7 Aplikasi Game Penghasil Saldo DANA Gratis Tercepat, Wajib Kamu Coba!

Mudah, bukan? Tujuan utama dari games ini bukanlah menang atau kalah. Akan tetapi, melihat perjuangan setiap anggota memindahkan tepung yang terkadang membuat wajah dan tubuh berlumuran tepung.

4. Kuda Bisik
Aktivitas berikutnya adalah games indoor seru tanpa alat, yaitu kuda bisik. Permainan ini hanya mempunyai 1 peraturan, yaitu membisikkan dan menyebutkan kalimat yang diperintahkan secara lengkap.Agar kuda bisik semakin seru, Anda bisa memberikan kalimat yang sulit, panjang, dan kompleks sebagai tantangan. Biasanya, kalimat yang panjang akan sulit diingat karena terburu-buru dengan waktu.

Aktivitas ini bisa jadi salah satu tips liburan hemat bersama keluarga. Anda tidak perlu menyediakan alat yang sulit didapat atau ruangan yang terlalu besar. Selama keluarga sudah berkumpul, Anda bisa memainkan games kuda bisik ini!

5. Games Pipa Bocor
Games outdoor yang tidak kalah seru berikutnya adalah bermain pipa bocor. Peralatan yang dibutuhkan, antara lain pipa paralon/bambu yang sudah dilubangi, air atau sedotan, dan bola ping pong. Cara bermainnya adalah setiap pemain dalam grup harus mengeluarkan bola ping pong dalam pipa. Bola bisa dikeluarkan dengan mengisi air ke dalam pipa yang sudah dilubangi. Setiap kelompok harus memikirkan strategi agar air dalam pipa tidak banyak terbuang lewat lubang. Selain air, Anda juga bisa menggunakan sedotan yang akan dimasukkan melalui lubang pipa.

BACA JUGA:Desain Bodi yang Clean dan Esthetic, HP Infinix Hot 30i x669c Hanya Rp 1 Jutaan

6. Ludo
Bermain games online bisa jadi referensi games indoor seru tanpa alat yang bisa dilakukan bersama keluarga atau rekan tersayang. Salah satunya adalah bermain Ludo online. Tidak hanya online, Anda juga bisa memainkannya jika mempunyai game papan Ludo.  

7. UNO Stacko
Game UNO selalu jadi andalan games yang seru untuk dimainkan bersama keluarga. Jika biasanya Anda bermain kartu UNO, sekarang bisa coba bermain UNO Stacko! UNO Stacko adalah permainan mempertahankan susunan balok dengan mengambil setiap balok dari bawah. Tantangannya adalah bagaimana Anda dan keluarga mempertahankan agar susunan tersebut tidak hancur dengan cepat.

8. Tebak Gaya
Kegiatan di rumah yang dapat dilakukan bersama keluarga saat libur sekolah berikutnya bisa diisi dengan games tebak gaya. Aktivitas ini menjadi games indoor seru tanpa alat yang bisa dicoba bersama keluarga di rumah. Cara bermainnya sangat sederhana yaitu seseorang perlu memperagakan kegiatan yang sudah diperintahkan sebelumnya. Kegiatan tersebut bisa berupa pekerjaan, aktivitas sehari-hari (contoh: memasak, mencuci, membaca, dsb), dan masih banyak lagi. Anda juga dapat menggabungkannya dengan kata kerja lain agar lebih menantang.

BACA JUGA:Begini Cara Memutihkan Wajah secara Alami dan Aman

9. Werewolf
Games indoor seru tanpa alat yang satu ini akan sangat mempersatukan keluarga atau bahkan membuat keributan yang menyenangkan. Games werewolf bisa jadi ide menarik untuk ice breaking karena membutuhkan konsentrasi dan strategi. Pada dasarnya, werewolf adalah ide game sederhana. Pertama, Anda membutuhkan pemain dalam jumlah banyak. Bisa berjumlah 5 sampai 10 orang.

Kemudian, setiap pemain akan diberikan peran. Peran tersebut adalah warga desa (villager), peramal (witch), detektif, dan werewolf (serigala). Setiap pemain tidak boleh mengetahui peran pemain lainnya. Cara bermain games ini adalah dengan menebak siapa pemain yang mendapatkan peran werewolf. Tantangannya adalah setiap pemain harus bekerja sama untuk mencegah peran “warga desa” terbunuh oleh werewolf.

BACA JUGA:Muslim Wajib Tahu, Ini Niat Sholat Idul Fitri, Baik untuk Imam, Makmum maupun Sendiri

10. Sambung Lirik
Games sambung lirik jadi ide game sederhana yang bisa Anda coba di rumah bersama keluarga. Game ini hanya perlu memutar lagu dan menghentikannya di part/bagian tertentu. Nantinya, setiap pemain bertugas untuk melanjutkan lirik dari lagu tersebut. Sederhana, bukan? Itulah beberapa games yang seru untuk acara kumpul keluarga. Ide games di atas bisa dilakukan indoor dan outdoor menyesuaikan kebutuhan Anda. Selamat bermain!(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: