Ini Dia Ide Buah Tangan untuk Silaturahmi ke Rumah Teman & Saudara

Ini Dia Ide Buah Tangan untuk Silaturahmi ke Rumah Teman & Saudara

Dessert box adalah jenis oleh-oleh yang cocok untuk Anda berikan kepada orang yang tinggal tidak jauh dari rumah Anda, sebab makanan yang satu ini mudah basi. --

BENGKULUEKSPRESS.COM- Hari raya idul fitri sudah saatnya saudara yang tinggal berjauhan menyambung tali silaturahmi. Dalam tradisi masyarakat Indonesia, seringkali silaturahmi dianjurkan dengan membawa buah tangan, dalam bentuk apapun itu. Berikut ini rekomendasi buah tangan yang cocok untuk acara lebaran maupun event silaturahmi lainnya:

1. Makanan yang Dibuat Khusus dari Rumah
buah tangan untuk silaturahmi itu tidak perlu mahal-mahal. Cukup dengan makanan yang dibuat khusus dari rumah Anda, pasti akan membuat sanak saudara atau tetangga merasa senang. Tentunya hal ini kalau Anda hobi memasak juga ya!

BACA JUGA:Pj Walikota Bengkulu Undang Masyarakat Hadiri Open House Lebaran Selama 2 Hari

Misalnya, Anda membuat kue lapis sambas dalam jumlah banyak. Alih-alih dimakan sendiri, sebagian bisa Anda berikan kepada tetangga atau saudara terdekat. Letakkan kue tersebut ke dalam kardus yang telah dilapisi dengan daun pisang, lalu hantarkan kepada sanak saudara dan tetangga tercinta.

2. Buah-Buahan
Salah satu jenis buah tangan untuk silaturahmi yang paling banyak digunakan adalah buah-buahan. Tidak hanya untuk idul fitri atau hari raya keagamaan lainnya, buah-buahan juga bisa dijadikan sebagai buah tangan saat menjenguk saudara atau teman yang sedang sakit atau berduka.

Jika Anda tertarik untuk membawa buah tangan dalam bentuk ini, Anda bisa membawa Jeruk Wakam Super. Rasanya yang manis dan kaya vitamin C cocok untuk dihadiahkan kepada sanak saudara yang sedang sakit. Tentunya hal ini kecuali jika dia sakit yang berhubungan dengan asam lambung karena tidak boleh mengkonsumsi buah-buahan jenis sitrus seperti jeruk.

3. Barang Kebutuhan Sehari-Hari
Rekomendasi buah tangan yang kedua adalah barang kebutuhan sehari-hari. Jenis yang satu ini cocok menjadi buah tangan untuk bertamu kepada teman atau sanak saudara yang sudah lama tidak bertemu. Sebab, bagaimanapun kondisi mereka, mereka pasti membutuhkan barang kebutuhan sehari-hari, seperti beras, sabun, minyak goreng dan mie instan.

BACA JUGA:Bolehkah Melakukan Hubungan Suami Istri Di Malam Takbiran, Ini Kata Ustaz Abdul Somad

4. Produk Kesukaan Orang yang Bersangkutan
Salah satu ide parcel lebaran unik yang patut Anda coba adalah memberikan produk kesukaan orang yang bersangkutan. Ide ini cocok untuk menjadi buah tangan untuk mertua, saudara atau teman yang benar-benar sudah kenal dekat, sehingga Anda tahu produk yang disukai oleh teman Anda tersebut.

5. Snack Box
Malas untuk menata hampers? Tidak perlu khawatir! Kini Anda bisa membeli berbagai snack box. Tidak hanya berisi jajanan lezat, desain snack box ini juga dibuat sedemikian rupa, sehingga tampak cantik dari luar dan mudah dibawa kemana saja. Snack box ini cocok untuk menjadi buah tangan untuk bertamu di rumah kenalan atau saudara jauh. Tidak hanya itu, snack box juga menjadi hampers yang pas buat Anda yang ingin menyelenggarakan open house di rumah.

6. Oleh-Oleh Khas Daerah
Rekomendasi buah tangan yang ke-5 adalah oleh-oleh khas daerah. Tidak hanya berupa makanan, Anda juga bisa membawakan barang-barang khas, seperti kaos, gantungan kunci atau asbak sebagai buah tangan untuk silaturahmi dengan keluarga tercinta di rumah. Hal ini khususnya jika Anda tinggal di daerah wisata, seperti Yogyakarta, Bali atau Lombok.

BACA JUGA:7 Aplikasi Game Penghasil Saldo DANA Gratis Tercepat, Wajib Kamu Coba!

Misalnya, jika Anda pulang dari Yogyakarta, Anda bisa membawa bakpia atau gudeg kaleng. Bisa juga membawa sandal atau kaos dengan tulisan Jogja yang banyak ditemukan di Malioboro dan lain sebagainya. Tentu dengan oleh-oleh khas ini sepupu dan keponakan Anda pasti akan suka.

7. Dessert Box
Ingin buah tangan yang kekinian? Dessert box jawabannya! Tidak hanya cantik di luar, makanan ini terasa manis, lumer dan menyegarkan di tenggorokan. Dessert box adalah jenis oleh-oleh yang cocok untuk Anda berikan kepada orang yang tinggal tidak jauh dari rumah Anda, sebab makanan yang satu ini mudah basi.

8. Natural Soap
Mertua atau saudara Anda memiliki riwayat kulit gatal dan sensitif? Maka rekomendasi buah tangan yang bisa Anda coba adalah sabun natural atau natural soap. Terbuat dari bahan-bahan alami, seperti minyak zaitun, minyak kelapa dan buah-buahan, sabun natural bisa dibuat sesuai dengan kebutuhan kulit. Anda tinggal menghubungi pengrajin sabun natural terkait saja untuk pre-order. Selain itu, tampilan dari sabun ini juga unik bahkan ada yang tampak seperti kue. Hanya saja memang harga sabun ini relatif lebih mahal dibandingkan dengan sabun mandi biasa dan membutuhkan perawatan dan penyimpanan khusus.

BACA JUGA:Desain Bodi yang Clean dan Esthetic, HP Infinix Hot 30i x669c Hanya Rp 1 Jutaan

9. Set Toples Lebaran
Ide buah tangan untuk mertua yang tidak kalah menarik adalah satu set toples lebaran. Ide ini cocok khususnya jika mertua Anda adalah orang yang menyukai kerapihan dan suka mengoleksi alat-alat rumah tangga baru. Set toples lebaran juga merupakan buah tangan yang mudah ditata dan didesain supaya tampak cantik. Hanya saja, ide buah tangan ini hanya cocok jika Anda pulang mudik menggunakan kendaraan pribadi karena tentunya jumlahnya yang banyak tidak pas jika diletakkan di bagasi kereta, pesawat maupun kapal.

Tidak hanya cantik, pilih set toples lebaran yang cocok untuk kebutuhan Anda. Jika Anda mudik ke daerah yang jauh, maka tidak disarankan membawa toples beling atau kaca karena bisa pecah. Sebaliknya, pilih toples dengan bahan plastik yang lebih aman di bawa kemana-mana.

10. Set Perlengkapan Makan Malam
Lebaran ini Anda ingin bersilaturahmi dengan orang penting? Kyai atau pejabat gitu misalnya? Tentu buah tangan yang diberikan juga tidak bisa biasa-biasa saja. Orang penting seperti ini tentu akan menerima banyak tamu dalam satu hari sekaligus. Oleh karena itu, jika Anda ingin tampak menonjol, Anda harus memberikan buah tangan yang sesuai. Tapi Anda harus ingat, nilai set perlengkapan makan malam yang Anda berikan tidak boleh lebih dari Rp1.000.000, supaya tidak perlu dilaporkan ke KPK (Kementerian Keuangan).

BACA JUGA:Doa Nabi Yunus Agar Hajat Cepat Terkabul, Ustaz Adi Hidayat: untuk Diri Sendiri dan Anak

Nah, itu tadi rekomendasi buah tangan untuk silaturahmi kepada keluarga, sanak saudara maupun teman di rumah. Memberikan oleh-oleh seperti di atas sebenarnya bukan hal yang wajib. Namun tidak dapat dipungkiri kalau adanya oleh-oleh seperti ini dapat mempermudah percakapan antara Anda dan orang terkait, sehingga tidak terasa canggung meskipun sudah sekian lama tidak bertemu.

Tapi yang lebih penting dari oleh-oleh itu sendiri adalah niat baik Anda dan keluarga untuk menyambung tali silaturahmi. Sebab, dengan tali silaturahmi yang terjaga dengan baik, rezeki dan kebaikan untuk Anda juga bisa mengalir dengan lebih lancar. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: