Mengenal Lebih Dekat All New Suzuki Ertiga Cruise Hybrid

Mengenal Lebih Dekat  All New Suzuki Ertiga Cruise Hybrid

Suzuki Smart Hybrid merupakan teknologi untuk meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Demi mempertahankan penguasaan pasar dan mendukung mobilitas keluarga Indonesia, Suzuki meluncurkan All New Ertiga Cruise Hybrid di IIMS 2024. Ia menjadi varian tertinggi di lini produknya sebagai kendaraan MPV dengan sejumlah penyempurnaan di sektor ekterior agar penampilannya bertambah sporty tanpa mengesampingkan fungsionalitas berkendara. Selain itu, menambah daya daya baterai lithium ion untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar tanpa mengorbankan performance berkendara.

Perubahan Eksterior
MPV ini sudah dibekali sejumlah perubahan di sektor eksterior. Pada bagian wajah mobil, dapat ditemui penambahan Front Garnish Bumper dan Front Under Spoiler. Semua itu dilakukan agar menambah aksentuasi modern dari tarikan garis bodi. Lihatlah di sisi samping, terdapat pembaruan New Side Body Decal dan New Side Under Spoiler.

BACA JUGA:Pemda Kota Bengkulu Salat Ied di Masjid Merah Putih, Pj Walikota Langsung Gelar Open House

Sedangkan di belakang mobil, Suzuki memberikan sentuhan berupa New Rear Upper Spoiler dan New Rear Garnish Design nan ergonomis. Tingginya popularitas mobil keluarga besutan Suzuki ini, menjadi alasan perancangan desain komponen dilakukan di Indonesia agar bisa dinikmati oleh pelanggan. Termasuk mengakomodasi kebutuhan mobilitas keluarga.

Nah, sejatinya Suzuki Smart Hybrid merupakan teknologi untuk meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar. Teknologi tersebut mengandalkan dua komponen utama sebagai pendamping mesin pembakaran internal. Yakni berupa Integrated Starter Generator (ISG) dan Lithium-Ion Battery. Kemudian mobil juga dibekali perangkat Seperti Auto Start-Stop, restart halus nan senyap setelah auto start-stop aktif. Tak ketinggalan, tersisip sistem regenerasi daya baterai selama penghelaan laju kendaraan.

BACA JUGA:Masyarakat Diimbau Tak Gunakan Motor untuk Mudik Jarak Jauh, Ini Risikonya

Mekanisme Kerja Suzuki Smart Hybrid
Prinsip mekanisme kerja Suzuki Smart Hybrid relatif sederhana. Ketika pengendara melakukan akselerasi. Komponen ISG memberikan bantuan tenaga kepada mesin bila dibutuhkan untuk meringankan beban putaran mesin. Sehingga mobil bisa memperoleh tenaga lebih cepat. Saat pengemudi harus melakukan perlambatan kecepatan menggunakan rem. Maka fungsi ISG mengubah energi kinetik menjadi listrik untuk disimpan dalam Lithium-Ion Battery.

Kondisi mobil yang telah berhenti, secara otomatis mengaktifkan fitur Auto Start-Stop. Jadi, mesin mobil bakal mati secara otomatis untuk menghemat konsumsi bahan bakar. Dalam saat bersamaan. Seluruh komponen elektrikal di kabin seperti head unit, instrument cluster, Multi Information Display, power window dan lampu kabin tetap berfungsi. Ini berkat pasokan listrik dari Lithium-Ion Battery 10 Ah. Sedangkan AC dan lampu eksterior juga tetap aktif lewat arus setrum dari Lead Acid Battery 55 Ah. Suzuki memberikan garansi Lithium-Ion selama 8 tahun atau 160.000 km.

BACA JUGA:Truk Batubara dan Sawit Dilarang Melintasi Jalanan Kota Selama Lebaran

Ertiga Cruise Hybrid tetap menggunakan mesin K15B Euro 4 berikut ruang bakar 1.462 cc, DOHC, VVT. Ukuran diameter langkah 74,0 x 85,0 mm. Sistem pengabutan bahan bakar pakai multipoint injection. Ledakan empat piston memberi daya 105 PS di 6.000 rpm. Lalu dorongan torsi puncak 138 Nm pada 4.400 rpm. Transmisi matik 4-speed tetap diandalkan karena durabilitas dan penyaluran nan mulus.

Fitur keselamatan ada ABS, EBD, Electronic Stability Programme, dual SRS airbag, Hill Hold Control. Kemudian terpasang juga cruise control agar menambah kepraktisan berkendara, hingga Auto Retractable Outside Mirror. All New Ertiga Hybrid Cruise memberikan variasi warna baru untuk keanggunan dan kenyamanan menyusuri area perkotaan dengan penuh gaya. Ia dilengkapi dua pilihan warna yaitu Cool Black dan pilihan two-tone color baru yaitu Pearl Snow White + Cool Black. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: