Keunggulan HP Lipat OPPO Find N3

Keunggulan HP Lipat OPPO Find N3

Keunggulan HP OPPO Find N3 Flip-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

Sebelumnya, OPPO Find N2 hanya dilengkapi baterai 4.520 mAh. Pastinya ini akan memberikan masa durasi penggunaan yang lebih panjang pada OPPO Find N3 dibanding pendahulunya.

Saya selalu was-was terhadap ketahanan baterai HP lipat. Bayangkan saja, tidak hanya kapasitasnya lebih kecil dari rata-rata, tapi HP lipat memiliki ukuran layar lebih lebar yang pastinya menyedot daya lebih banyak lagi.

Kendati begitu, rupanya OPPO Find N3 menawarkan masa daya pakai yang cukup panjang, loh. Pengujian oleh YugaTech membuktikan bahwa HP lipat ini bisa bertahan selama 12 jam 30 menit pada pengujian video loop. Ini termasuk unggul dibanding pendahulunya dengan ketahanan 10 hingga 11 jam saja.

Sekadar informasi, OPPO Find N3 sejatinya merupakan ponsel yang sama dengan OnePlus Open. Dan pada pengujian GSM Arena, OnePlus Open mendapatkan skor ketahanan 96 jam menggunakan layar utama, serta 105 jam menggunakan layar cover.

BACA JUGA:5 HP Oppo Terobosan Baru dengan Kualitas Kamera Terbaik di Seri Terbaru, Simak Berikut Ini

BACA JUGA:Oppo Reno Series: Kelebihan dan Kekurangan Ponsel Mewah dengan Harga Fantastis

Ketahanan baterai tersebut bukan yang paling tinggi di dunia. Tapi untuk seukuran HP lipat sudah tergolong sangat baik. OPPO Find N3 dan OnePlus Open memiliki skor ketahanan yang setara Samsung Galaxy Z Fold5 (95 jam, 4.400 mAh) dan vivo X Fold2 (96 jam, 4.800 mAh).

Bagaimana dengan pengisiannya? Nah, di sinilah OPPO Find N3 bersinar. Ini karena ponsel mendukung SuperVOOC 67W yang dapat terisi dari 1 persen ke 100 persen dalam waktu 42 menit, menurut pengujian GSM Arena. Durasi charging tersebut tepat dua kali lipat lebih cepat dibanding Samsung Galaxy Z Fold5 dengan daya 25 W.

7. Bodi Lebih Tipis dan Ringan

Dibandingkan dengan mayoritas HP lipat lain, OPPO Find N3 memiliki bodi yang condong terbilang ringan dan tipis. Namun memang, ia belum bisa merebut posisi Honor Magic Vs2 sebagai HP lipat teringan dan paling tipis no. 1 di tahun 2023.

Saat posisi terlipat, OPPO Find N3 memiliki panjang 153,4 mm dan lebar 73,3 mm. Dimensi lebar berubah menjadi 143,1 mm pada saat posisi terbuka (unfolded). Soal dimensi lebar tersebut, ia lebih lebar ketimbang Samsung Galaxy Z Fold5 lantaran memiliki ukuran layar lebih luas.

Namun jika bicara soal ketebalan dan bobot, OPPO Find N3 tetap lebih unggul dengan bobot mulai dari 239 gram (varian hitam, kulit imitasi) dan 245 gram untuk varian kaca, di saat pesaingnya hadir dengan bobot 253 gram.

Ketebalan smartphone pun hanya berkisar di 5,8 mm saat terbuka dan 11,7 mm saat terlipat. Lebih unggul dari Galaxy Z Fold5 pada ketebalan 6,1 mm dan 13,4 mm (saat terbuka dan terlipat).

Soal ketahanan bodinya, jangan ditanya. OPPO Find N3 sudah kantongi sertifikasi TUV Rheinland sehingga tetap aman meski sudah dilipat hingga 600 ribu kali. Jika diasumsikan HP lipat ini mengalami 20 lipatan per hari, maka ponsel bisa bertahan hingga setidaknya 82 tahun.

OPPO Find N3 juga telah gunakan generasi Flexion Hinge yang mengalami pengembangan lebih lanjut. Itulah yang jadi alasan mekanisme lipatannya sungguh tahan dari kerusakan, serta hanya menimbulkan bekas lipatan (crease) yang minim (nyaris tidak terlihat).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: