Kenali bagaimana Cara Kerja dan Fungsi Fitur Blind Spot pada Mobil

Kenali bagaimana Cara Kerja dan Fungsi Fitur Blind Spot pada Mobil

Blind-Spot Collision Warning (BCW) atau Blind Spot Monitor merupakan sebuah sensor yang berfungsi untuk memperingati pengemudi ketika ada hambatan di sekitar kendaraan.-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Salah satu fitur yang cukup penting yang dapat mengurangi risiko terjadinya kecelakaan saat berkendara adalah blind spot monitor

Blind-Spot Collision Warning (BCW) atau Blind Spot Monitor merupakan sebuah sensor yang berfungsi untuk memperingati pengemudi ketika ada hambatan di sekitar kendaraan. 

Biasanya, fitur ini berupa sensor yang ditempatkan pada bagian bodi mobil. Saat mengemudi, terdapat suatu area yang tidak bisa dilihat oleh pengemudi. Area tersebut adalah blind spot. 

Titik blind spot merupakan suatu hal yang berbahaya bagi pengemudi. Adanya fitur Blind Spot Monitor biasanya akan memberitahukan kendaraan yang sedang berada di area titik tersebut. Lantas, bagaimana cara kerja dan fungsi  dari blind spot monitor pada mobil? Yuk, simak ulasan berikut ini. 

BACA JUGA:Perlu Diperhatikan, Simak Penyebab Lampu Indikator Mobil Menyala Terus

Cara Kerja dari Fitur Blind Spot Monitor

Fitur blind spot monitor akan mengidentifikasi adanya objek atau kendaraan yang berada di dekat mobil, sensor akan mengirimkan sinyal. Sinyal dapat terlihat pada icon blind spot monitor yang berada pada kaca spion. 

Namun, sinyal atau yang diberikan oleh sensor berbeda-beda tergantung dari mobil. Pada sebagian mobil, peringatan dapat berupa flashing indikator cermin, getaran dalam setir, atau ada bunyi nada peringatan. 

Dengan demikian, pengemudi diharapkan dapat menjangkau area blind spot. Lalu apa fungsi fitur blind spot monitor. Berikut penjelasannya. 

1. Memberikan Peringatan 

Sistem blind spot monitor akan memantau keadaan di sekitar kendaraan sehingga dapat memberikan peringatan kepada pengendara. Ketika ada kendaraan lain yang hendak berpindah lajur, maka sistem akan otomatis memberikan peringatan. Hal ini tentu dapat menghentikan niat pengemudi untuk berpindah lajur dan tetap di jalur aman.

BACA JUGA:Cek Fitur-Fitur Otomatis Mitsubishi XForce: Dirancang Memanjakan Pengendara

2. Menghindari Tabrakan Antar Kendaraan

Dengan adanya blind spot monitor, pengemudi dapat mengetahui adanya mobil atau hambatan pada bagian posisi yang tidak terlihat atau titik buta pasalnya posisi jalan yang padat tentu membuat pengemudi harus was-was sebelum berpindah jalur. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: