Cek Tanda, Penyebab dan Cara Mengatasi Rem Tangan Mobil Kurang Pakem

Cek Tanda, Penyebab dan Cara Mengatasi Rem Tangan Mobil Kurang Pakem

Tanda, penyebab, dan bagaimana cara mengatasi rem tangan mobil yang kurang pakem-Pinterest -

BENGKULUEKPRESS.COM - Salah satu komponen penting pada kendaraan roda empat adalah rem tangan. Bagaimana tidak rem tangan merupakan salah satu sistem pengereman yang berfungsi agar mobil tidak bergerak saat diparkir di bidang datar atau miring. 

Seringkali pemilik mobil menemukan kondisi rem tangan yang kurang pakem. Tentu hal ini akan menjadi kekhawatiran para pengemudi karena akan memiliki risiko tinggi terjadinya kecelakaan. 

Lantas, apa tanda, penyebab, dan bagaimana cara mengatasi rem tangan mobil yang kurang pakem? Yuk, cari tahu jawabannya dengan menyimak ulasan di bawah ini. 

BACA JUGA:Ini Dia Tips dan Cara Ampuh Menghilangkan Karat pada Pelek Mot

Tanda Rem Tangan Kurang Pakem 

Sebelum mengetahui penyebab dan cara mengatasi rem tangan yang bermasalah, ada baiknya untuk mengenal tanda-tandanya terlebih dahulu.

Umumnya, rem tangan akan memunculkan suara klik sebanyak 1 kali atau 5-7 kali ketika diangkat atau diturunkan. Apabila muncul suara klik yang berlebihan ketika menarik atau menurunkan rem tangan, maka pemilik mobil perlu berhati-hati. 

Pasalnya, hal ini menandakan bahwa ada masalah terhadap sistem rem tangan. Selain itu, tanda-tanda yang bisa dirasakan adalah ketika tarikan dan lepasan tuas rem terasa keras, maka ada masalah pada rem tangan. 

Pada umumnya, kondisi ini disebabkan akibat komponen pada tuas rem yang kotor, atau kampas rem yang sudah menipis. Jika dibiarkan, rem tangan berisiko tidak dapat bekerja dengan maksimal. 

Tentu hal tersebut tidak terjadi begitu saja melainkan karena suatu penyebab. Berikut ini merupakan penyebab beserta cara mengatasi rem tangan yang kurang pakem.

BACA JUGA:Intip 7 Tips Mudah Merawat Interior Mobil agar Berjamur dan Berbau

Penyebab dan Cara Mengatasi Rem Tangan yang Kurang Pakem 

1. Kampas Rem yang Menipis

Komponen kampas rem berada di atas brake show. Saat kampas rem mobil menipis, mobil bisa saja berjalan ketika rem tangan diaktifkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: