Cek Tanda, Penyebab dan Cara Mengatasi Rem Tangan Mobil Kurang Pakem

Cek Tanda, Penyebab dan Cara Mengatasi Rem Tangan Mobil Kurang Pakem

Tanda, penyebab, dan bagaimana cara mengatasi rem tangan mobil yang kurang pakem-Pinterest -

Hal ini tentunya sangat berbahaya dan berpotensi menabrak kendaraan lain ketika mobil diparkir. Jika kampas rem sudah menipis, ada baiknya untuk menggantinya dengan yang baru. 

Pilih kampas rem mobil original, sebab kualitas kampas rem berpengaruh terhadap daya cengkram rem tangan. Selain itu, lakukan pengecekan kampas rem setiap 10.000 km.

BACA JUGA:Agar Hajat Besar Cepat Dikabulkan, Ustaz Adi Hidayat Bagikan Rumusnya

2. Karat dan Kondisi Rem yang Kotor

Kondisi rem yang kotor atau berkarat tentu membuat rem daya cengkramnya menjadi tidak optimal. Oleh karena itu, lakukan pengecekan rem tangan mobil, dan segera bersihkan apabila ada karat atau kotoran. Pemilik mobil bisa melakukan hal ini dengan membawa mobil ke bengkel resmi.

3. Kondisi dari Brake Shoe

Salah satu penyebab yang mempengaruhi rem tangan yang kurang pakem adalah kondisi dari brake shoe. Brake shoe merupakan komponen rem berbentuk seperti bantalan yang berfungsi untuk menghentikan laju kendaraan mobil. 

Kondisi brake shoe yang tipis tentu berpengaruh terhadap kinerja dari rem tangan mobil. Apabila brake show sudah terlalu tipis, sebaiknya segera diganti dengan yang baru. 

Pilihlah brake shoe original dengan kualitas bagus dan baru. Hindari memiliki brake show dengan merek yang tidak jelas karena berpengaruh terhadap kualitasnya.

BACA JUGA:Ini Penyebab Lampu Mobil Tidak Mau Mati dan Cara Mudah Mengatasinya

4. Kesalahan Setelah Brake Shoe

Selain kondisinya, setelan brake shoe yang tidak sesuai juga berpengaruh terhadap rem tangan kendaraan. Brake shoe dapat disetel sedemikian rupa agar kondisi rem tangan tetap tapek. 

Setelan brake show yang kurang turun dapat membuat rem tangan kurang pakem dan kondisi tuas rem menjadi lebih tinggi ketika diaktifkan.

Untuk mengatasi hal ini, perlu bantuan mekanik yang paham soal sistem rem mobil. Setelan tuas rem tangan perlu diatur ulang melalui adjuster yang berada pada komponen tromol.

5. Mengaktifkan Rem Tangan Terlalu Lama

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: