Agar Tetap Pakem, Begini Cara Merawat Rem Mobil yang Benar

Agar Tetap Pakem, Begini Cara Merawat Rem Mobil yang Benar

Perawatan komponen rem mobil perlu dilakukan rutin demi keselamatan berkendara--

BENGKULUEKSPRESS.COM -  Rem mobil memiliki fungsi penting dalam mengatur laju kendaraan, serta meningkatkan keselamatan berkendara. Oleh karena itu, pemilik mobil harus merawat komponen Rem agar tetap optimal. Lantas, bagaimana cara merawat Rem mobil yang tepat? Berikut ulasannya!

BACA JUGA:Amalkan Doa Berikut Ini, Ustadz Khalid Basalamah: Hutang Lunas dan Rezeki Lancar

1. Membersihkan Bagian Kampas Rem dan Cakram
Cakram dan kampas rem merupakan komponen utama pada sistem rem kendaraan. Seiring dengan penggunaan, kedua komponen ini kotor akibat bergesekan langsung dengan debu dan kotoran dari jalanan. Perawatan sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan bagian kampas dan cakram rem. Pemilik mobil disarankan untuk membersihkan dan mengecek bagian kampas dan cakram secara rutin, terlebih jika mobil sering melewati jalanan yang berdebu atau genangan air.


BACA JUGA:Doa Selamat Dunia Akhirat, Agar Hidup Aman dan Tentram

2. Rutin Mengecek Kualitas dan Mengganti Minyak Rem
Minyak rem berfungsi melumasi komponen kampas dan cakram rem mobil. Selain itu, minyak rem juga mengurangi panas yang dihasilkan akibat gesekan antara cakram dan kampas rem. Oleh karena itu, penting untuk rutin mengecek kualitas dan mengganti minyak rem agar sistem pengereman bekerja dengan optimal.

Penggantian minyak rem idealnya dilakukan setiap 20.000 km, sementara pengurasan setiap 40.000 km. Saat mengganti minyak rem, gunakan minyak rem sesuai dengan standar pabrikan, serta spesifikasi dan karakteristik mobil.

BACA JUGA:Doa Bahasa Jawa untuk Memulai Aktivitas di Sekolah

3. Periksa Kondisi Piringan Cakram Rem
Cara merawat rem mobil selanjutnya adalah memeriksa kondisi piringan cakram. Piringan rem akan menipis dan kerap menimbulkan bunyi berdecit seiring dengan penggunaan. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengamplas atau membubut piringan rem agar permukaannya tetap rata. Apabila piringan rem sudah tipis, ada baiknya untuk diganti baru.

BACA JUGA:Inilah Mantra Jawa Perlindungan Diri Karya Kanjeng Sunan Kalijaga

4. Cek Kondisi Kaliper Rem
Bagian rem yang menekan kampas ke mesin penggerak adalah kaliper rem. Meskipun jarang mengalami kerusakan, komponen ini juga wajib untuk dilakukan pemeriksaan secara berkala. Kaliper rem yang bermasalah berdampak pada proses pengereman yang tersendat.


5. Menghindari Pengereman Kasar
Salah satu perawatan rem yang bisa dilakukan oleh pemilik mobil adalah dengan melakukan pengereman secara halus. Jika pengemudi sering melakukan pengereman secara mendadak atau kasar, kampas dan cakram rem akan lebih mudah terkikis. Oleh karena itu, ada baiknya pengemudi selalu menjaga jarak saat berkendara.

BACA JUGA:Doa Bahasa Jawa dari KH Dalhar Watucongol, Dipercaya Menjadi Penarik Rezeki!

6. Cek Bagian Piston Rem
Piston pada rem berdungsi untuk menggerakan kaliper penjepit kampas rem ke piringan rem. Piston yang macet tentu sangat berbahaya karena rem akan mengunci. Oleh karena itu, lakukan pengecekan pada bagian piston rem secara berkala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: