Lezat dan Kaya Nutrisi Inilah 5 Manfaat Jamur Tiram untuk Kesehatan Tubuh

Lezat dan Kaya Nutrisi Inilah 5 Manfaat Jamur Tiram untuk Kesehatan Tubuh

Jamur tiram (Pleurotus ostreatus) merupakan salah satu kelompok jamur yang sudah dikenal dengan memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Jamur tiram (Pleurotus ostreatus) merupakan salah satu kelompok Jamur yang sudah dikenal dengan memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan

Jamur tiram memang kerap digunakan sebagai bahan dasar berbagai jenis masakan, karena rasanya yang lezat dan kaya akan nutrisi.

Jamur berwarna putih ini diketahui mengandung beragam nutrisi yang dapat menjaga daya tahan tubuh dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit. 

Selain itu jamur ini juga dikenal sebagai bahan makanan yang tergolong rendah kalori. Tak hanya itu, rendah kalori, jamur tiram juga mengandung nutrisi penting yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh seperti berbagai jenis vitamin, mineral, termasuk zat besi, fosfor, kalsium, kalium, zinc, dan selenium.

BACA JUGA:Suka Dikonsumsi Sebagai Minuman Herbal, Inilah 6 Manfaat Kayu Secang untuk Kesehatan

Tak hanya itu, jamur tiram juga mengandung beragam antioksidan yang berperan dalam mencegah penyakit kronis dalam tubuh. Selain kandungan beragam nutrisi di dalamnya, jamur tiram juga tergolong makanan yang bebas lemak sehingga Anda bisa mengonsumsinya sebagai salah satu menu diet sehat.

Berikut ini adalah beberapa manfaat jamur tiram untuk kesehatan tubuh yang bisa Anda peroleh:

1. Menangkal radikal bebas

Menurut sebuah penelitian, kadar antioksidan di dalam jamur tiram lebih tinggi dibandingkan dengan jenis jamur lainnya, seperti jamur kancing atau jamur merang.

Kadar antioksidan yang tinggi di dalamnya dianggap mampu menangkal radikal bebas, yang menjadi pemicu berbagai penyakit kronis. Selain itu, antioksidan juga berperan dalam meningkatkan imunitas tubuh dan mencegah tanda-tanda penuaan kulit.

BACA JUGA:Agar Awet Muda, Bebas Kanker, Darah Tinggi, dan Kolesterol, dr Zaidul Akbar Sarankan Konsumsi Ini

2. Menurunkan berat badan berlebih

Selain tinggi serat, jamur tiram yang bebas lemak sangat baik dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalani diet. Diet tinggi serat dan bebas lemak dapat membantu Anda menurunkan berat badan berlebih.

Namun, bukan berarti konsumsi jamur tiram saja dapat menurunkan berat badan, ya. Manfaat ini dapat Anda peroleh apabila disertai dengan penerapan pola hidup sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: