Lezat dan Kaya Nutrisi Inilah 5 Manfaat Jamur Tiram untuk Kesehatan Tubuh

Lezat dan Kaya Nutrisi Inilah 5 Manfaat Jamur Tiram untuk Kesehatan Tubuh

Jamur tiram (Pleurotus ostreatus) merupakan salah satu kelompok jamur yang sudah dikenal dengan memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan-Pinterest -

3. Mencegah pertumbuhan kanker

Beberapa studi mengungkapkan bahwa kandungan antioksidan dan beta glucan di dalam jamur tiram diketahui memiliki sifat antikanker yang dapat menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker.

Meski demikian, manfaat jamur yang satu ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut terkait keamanan dan efektivitasnya dalam mencegah dan mengobati kanker.

BACA JUGA:Apa itu Patikan Kebo? Kenali Ragam Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh

4. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan serat jenis beta glucan yang terdapat di dalam jamur tiram, diketahui berperan besar dalam mengendalikan kadar kolesterol dalam darah. Hal ini membuat jamur tiram baik dikonsumsi untuk mengurangi risiko terjadinya aterosklerosis yang dapat memicu penyakit jantung, hipertensi, dan stroke.

Selain menurunkan risiko penyakit jantung, jamur tiram juga kaya akan kalium yang baik untuk menjaga fungsi otot jantung.

5. Mengurangi risiko terkena diabetes

Selain baik untuk menjaga kesehatan dan fungsi jantung, kandungan beta glucan di dalam jamur tiram juga dapat mengendalikan kadar gula darah, sehingga baik dan aman dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe 2.

Tak hanya itu, kemampuannya dalam menjaga kadar gula darah juga dapat menekan risiko terkena diabetes, terlebih bila Anda memiliki faktor risiko diabetes.

BACA JUGA:Agar Awet Muda, Bebas Kanker, Darah Tinggi, dan Kolesterol, dr Zaidul Akbar Sarankan Konsumsi Ini

Itulah sejumlah manfaat jamur tiram yang bisa Anda dapatkan dengan cara mengonsumsinya. Meski begitu, manfaat di atas masih perlu penelitian lebih lanjut. 

Oleh karena itu, Anda tidak disarankan untuk mengonsumsinya dalam jumlah berlebih, terutama jika Anda memiliki penyakit tertentu atau alergi terhadap jamur ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: