Cara Mencegah Rice Cooker Bau, Ketahui Penyebabnya

Cara Mencegah Rice Cooker Bau, Ketahui Penyebabnya

Penyebab rice cooker bau-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BACA JUGA:Bengkulu Dapat Kuota 3.845 Rice Cooker Gratis, Ini Syarat Penerimanya

Cara Mencegah Rice Cooker Bau 

Mencegah bau tak sedap pada rice cooker tidak semudah yang dibayangkan karena bakterinya membandel dan ukurannya yang sangat kecil sehingga sulit untuk dideteksi.

Berikut beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut: 

1. Pastikan Pati Beras Sesedikit Mungkin Sebelum Dimasak 

Kandungan pati dalam jumlah besar pada nasi dapat menimbulkan masalah. Untuk mengatasi hal ini, disarankan untuk mencuci dan mengayak beras secara menyeluruh sebelum dimasak di rice cooker hingga lunak dan siap disantap. Alternatifnya, nasi bisa direbus setengah matang. 

2. Hilangkan Setiap Tetes Air 

Setiap kali selesai digunakan, pastikan Anda mengeluarkan setiap tetes atau tetesan air dari rice cooker dengan cara apa pun yang diperlukan. 

Cara termudah adalah dengan membiarkan tutup rice cooker terbuka agar tetesan air menguap dengan sendirinya. 

BACA JUGA:2 Kabupaten di Bengkulu Tidak Usulkan Bantuan Rice Cooker Gratis

Tindakan kecil seperti ini akan membuat perbedaan karena jika Anda merasa tidak sabar dan menyimpannya dengan tetesan air di dalamnya, Anda perlu pembersihan menyeluruh saat Anda ingin menanak nasi di dalamnya lagi jika ada bau.

3. Bersihkan Rice Cooker Secara Menyeluruh Setelah Digunakan 

Sebagai permulaan, kita harus mengambil tindakan pencegahan keselamatan dan tidak memaparkan komponen listrik apa pun ke air. 

Perhatian khusus harus diberikan pada lempengan panas di dalam rice cooker karena inilah yang menghasilkan panas yang digunakan untuk memasak nasi. 

Jika rusak, rice cooker perlu diganti. Sebelum pembersihan dimulai setelah Anda selesai memasak, beri waktu setengah jam pada alat untuk mendinginkannya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: